Teknologi
Minggu, 24 Mei 2015 - 16:00 WIB

KLINIK ANDROID : Evercoss A74D Boros Baterai, Kenapa?

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? Serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Advertisement

Tanya:
Rois Budiyono (nazlahrois@gmail.com)

Salam droid Mas Erwin.

Saya mau tanya. Handphone saya Evercoss A74D. Dari awal beli kok boros sekali baterainya ya? Dalam sehari bisa 2-3 kali pengisian padahal jarang dipakai. Apakah emang baterainya seperti itu atau karena ada faktor lain? Makasih atas jawabannya.

Advertisement

Jawab:
Salam droid juga Mas Rois Budiyono,

Evercoss A74D memiliki kapasitas baterai lithium 1450mAh dengan  layar 4 inci bersolusi WVGA 800 x 480 piksel. melihat dari spesifikasi baterainya memang tergolong kecil kapasitasnya mengingat layarnya yang cukup besar yaitu 4 inci.

Boros tidaknya baterai sangat dipengaruhi oleh pertama, banyaknya aplikasi yang terinstal serta yang dijalankan, apalagi memory ram-nya hanya 512MB yang membuat proses berjalannya aplikasi (multitasking) kurang begitu lancar jika banyak yang dibuka atau dijalankan, yang mana menyedot baterai cukup besar.

Advertisement

Kedua, pada saat online, pastikan Anda mempunyai sinyal yang terbaik yaitu H (HSDPA) karena jika Evercoss anda menangkap sinyal di bawah H, seperti E (EDGE) maka ponsel akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik untuk mendukung proses online Anda, hal itu juga yang membuat baterai menjadi boros.

Ketiga, uninstall aplikasi yang dirasa jarang dipakai (bawaan HP), bisa juga dengan menonaktifkan aplikasi yang selalu jalan di backdoor (belakang layar) seperti antivirus. Keempat, Anda bisa bandingkan dengan teman yang mempunyai HP yang sama, apakah mempunyai persoalan boros baterai yang sama? jika berbeda, kemungkinan ada kerusakan baik secara software atau hardware (baterai) di HP Evercoss Anda, solusinya adalah Anda bisa menggaransikannya.

Advertisement
Kata Kunci : Klinik Android
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif