Teknologi
Minggu, 24 Mei 2015 - 13:00 WIB

KLINIK ANDROID : Eksternal Card Tablet Tak Bisa Mengedit

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Klinik Android diasuh oleh Founder Android Solo, Erwin Christanto. Klinik Android hadir di Solopos.com dan di HU Solopos edisi Minggu.

Salam Droid pembaca setia Solopos. Pada edisi kali ini saya akan menjawab beberapa email yang telah masuk. Agar jawaban lebih tepat mengenai sasaran, dimohon bagi yang bertanya mencantumkan Tipe/Merk HH (Handheld), OS Androidnya, Sudah di root atau belum? Serta pertanyaan yang lebih detail. Terima kasih

Advertisement

Tanya:
Daane Dongkala (daanedongkala91@gmail.com)

Kenalkan nama saya Daane. Saya mempunyai sebuah tablet Android merek Ninetology tipe T7700. Spesifikasi dari tablet ini sangat standar di mana prosesornya 1 giga dan ramnya barangkali cuma 325 MB.

Tablet ini sudah dalam kondisi root. Yang menjadi permasalahan pada tablet ini adalah pada externalcard-nya di mana tidak bisa mengedit, mengopi, memindahkan, bahkan tidak bisa menghapus file yang ada di external card tersebut. Bagaimana solusi dari permasalahan ini? Mohon bantuannya dan sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Advertisement

Jawab:
Membaca persoalan kamu, diagnosisnya adalah kerusakan terdapat pada external memory yaitu micro sd yang terpasang di tablet kamu. oleh karena itu, untuk memastikannya kamu bisa lepas micro sd lalu pasang di card reader lalu tancapkan via USB di komputer atau laptop.

Kalau masih bisa terdeteksi ada kemungkinan untuk bisa memperbaikinya, yaitu dengan cara backup terlebih dahulu semua yang ada di micro sd tersebut ke harddisk. setelah itu, micro sd tersebut bisa langsung kamu format memakai tools bawaan komputer (klik kanan format) atau kamu bisa juga memformatnya dengan software SD Formatter, bisa diunduh gratis di https://www.sdcard.org/downloads/formatter_4/.

Setelah proses backup dan format selesai, kamu bisa pasang lagi micro sd ke tablet dan gunakan seperti sebelumnya. Namun jika micro sd tersebut tidak bisa diformat ataupun malah tidak bisa terdeteksi di komputer, bisa dipastikan micro sd tersebut mengalami kerusakan hardware.

Advertisement

Solusinya adalah kamu bisa menggaransikan (kebanyakan saat ini hampir semua micro sd lifetime warranty) atau jika tidak bisa digaransikan, terpaksa kamu beli baru dan pilih merek yang mempunyai garansi lifetime dan sudah teruji kehandalannya. oke, silakan dicoba ya. Semoga berhasil.

 

Advertisement
Kata Kunci : Klinik Android
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif