Jatim
Sabtu, 23 Mei 2015 - 22:05 WIB

SERTIFIKASI HALAL : Inilah Empat Hal Yang Harus Diketahui Terkait Sertifikasi Halal

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (kumpulanistilah.com)

Sertifikasi halal menjadi pengetahuan yang layak diketahui masyarakat luas, tak terkecuali pelajar. Inilah empat hal yang layak diketahui soal sertifikasi halal.

Madiunpos.com, SURABAYA – Dengan tekun, Nadya Aisah, membolak-balik buku diktat berisi tuntunan pelajaran dan soal untuk mengikuti Olimpiade Halal. Siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo itu ingin olimpiade yang diikuti ini hasilnya maksimal.

Advertisement

“Saya tahunya dari guru biologi. Ditawarin dan tertarik, jadi ikut,” kata Nadya kepada detikcom sebelum Olimpiade Halal digelar di auditorium Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (23/5/2015).

Nadya mengatakan, halal baginya sangat penting. Karena halal dan haram ada di setiap kehidupan sehari-hari. Materi halal sangat diperlukan karena menyangkut kadar keimanan seseorang.

“Materi halal itu penting. Dan dengan olimpiade ini, saya berharap kejelasan tentang sesuatu yang halal lebih jelas lagi,” pungkas warga Sidoarjo tersebut.

Advertisement

Senada dengan Nadya, Rahmad Jody juga mengatakan halal itu sesuatu yang bukan saja dianjurkan, tetapi juga mutlak. Halal adalah sesuatu yang pasti dalam syariat Islam.

“Sangat pentinglah. Saya juga ingin tahu lebih bayak soal halal dengan ikut [Olimpiade Halal] ini,” kata Jody yang datang dari SMA Rajasa.

Pendapat kedua siswa tersebut diamini oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Jatim Sugijanto. Sugijanto mengatakan bahwa setiap orang harus tahu tentang produk halal.

Advertisement

Sugijanto menjelaskan, ada empat hal yang harus dilakukan untuk mencintai produk halal. Empat hal itu adalah kepedulian, tanggung jawab, respect [hormat], dan ilmu pengetahuan.

“Empat hal itu bila dilakukan maka kita akan terjaga dari produk yang tidak halal. Ditolak doa kita bila mengonsumsi yang tidak halal,” ujar Sugijanto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif