Otomotif
Sabtu, 23 Mei 2015 - 22:45 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Soul GT Pakai LED Tapi Vixion Belum, Kenapa?

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha Vixion (yamaha-motor.co.id)

Sepeda motor terbaru Yamaha Vixion Advance belum dibekali lampu LED.

Solopos.com, JAKARTA – Meski baru saja meluncur, sepeda motor terbaru Yamaha Vixion Advance sudah dibanjiri kritikan. Salah satunya adalah masih dipakainya lampu jenis bohlam bukan jenis LED yang lebih hemat daya.

Advertisement

Salah satu kritik pedas itu dilontarkan oleh pengamat otomotif Iwan Banaran.

Dalam lamannya, Jumat (22/5/2015), Iwan menuliskan penggunaan lampu bohlam seolah mengurangi kesan “wah” pada motor 150 cc yang baru saja “ganti baju” itu.

Rupanya kritik itu juga sampai ke telinga PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Namun perusahaan berlambang garpu tala berkilah menyebut lampu bohlam adalah hal terbaik untuk konsumen Vixion Advance.

Advertisement

“Saat ini kami memandang belum perlu LED. New Vixion facelift sudah termasuk advance. Sesuai dengan namanya Vixion Advance. Kami percaya paket ini sudah yang terbaik untuk konsumen,” ungkap GM Service YIMM, M Abidin.

Pernyataan oleh Abidin itu dianggap para pengamat sebagai blunder YIMM. Sebab dalam peluncuran skuter matik (skutik) Yamaha Soul GT Blue Core Maret 2015 lalu, Abidin tampak memuji lampu LED dan menyebut lampu bohlam tidak berumur panjang.

“Lampu konvensional dengan filamen umurnya pendek, hanya sekitar satu sampai satu setengah tahun, dan karena getaran jadi lebih cepat putus. LED bisa bertahan selama 30.000 km atau kira-kira tiga tahunan,” ungkap Abidin dikutip dari laman Detik, Rabu (4/3/2015).

Advertisement

Belum hadirnya lampu LED pada sepeda motor terbaru Vixion Advance tampaknya akan menjadi celah bermanfaat bagi Honda. Perusahaan berlambang sayap mengepak itu dikabarkan tengah menyiapkan penantang Vixion, yakni CB150R facelift.

Rumor yang beredar di Internet menyebutkan CB150R facelift akan mendapat rombakan total termasuk penggunaan lampu LED pada lampu depan (headlamp) dan lampu belakang (taillamp).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif