News
Sabtu, 23 Mei 2015 - 00:10 WIB

AGENDA PRESIDEN : Jokowi Minta PTPN Serius Wujudkan Swasembada Gula 2018

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Agenda Presiden Jokowi ke Jawa Timur berlanjut ke pabrik gula.

Madiunpos.com, MOJOKERTO — Presiden Joko Widodo meminta badan usaha milik Negara (BUMN) pergulaan yang menerima dana penanaman modal negara (PNM) tidak main-main dalam menggenjot kinerja produksi. PNM itu, tegasnya, dikucurkan untuk mencapai swasembada gula yang ditarget tercapai pada 2018.

Advertisement

Seruan itu dikemukakan Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—saat saat berdialog dengan petani tebu PTPN X di PG Gempolkerep, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (21/5/2015). Jokowi, sejak Kamis (21/5/2015), melaksanakan agenda presiden melakukan safari di ke Indonesia Timur, diawali dari Jawa Timur, sebelum berakhir pekan di kampung halamannya, Solo.

“Menteri mau menambahi dana itu ada goalnya, jadi jangan main-main, uangnya jangan dipakai semaunya. Itu ada tugasnya. Kalau tidak selesai awas, karena janjinya di awal sebelum minta PNM untuk menyelesaikan apa,” katanya.

Jokowi mengatakan tantangan pergulaan saat ini telah sama dengan beras. Persaingan bisnis pergulaan saat ini juga bukan lagi antar-PTPN, melainkan antarnegara.

Advertisement

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X, tahun ini, mendapatkan suntikan modal Rp975 miliar. Rencananya dana itu digunakan untuk revitalisasi pabrik gula dan diversifikasi produk dari tebu. “Kerja dengan saya harus ada goal nya, jangan main-main,” imbuhnya

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif