News
Jumat, 22 Mei 2015 - 04:55 WIB

SBMPTN 2015 : Pendaftar UNS Capai 8.808 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasiu (JIBI/dok)

SBMPTN 2015 di Universitas Sebelas Maret telah diikuti oleh ribuan orang.

Solopos.com, SOLO-Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) mencatat hingga Kamis (21/5/2015) siang, jumlah pendaftar calon mahasiswa UNS melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 mencapai 8.22808 orang.

Advertisement

Dari jumlah itu, pendaftar jurusan Sainteknologi ada 3.239 calon, jurusan Soshum (Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi) ada 4.409 calon, dan jurusan campuran ada 1.160 calon.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 SBMPTN 2015, Sutarno, memperkirakan jumlah itu masih meningkat terus.
“Diperkirakan meningkat terus dan mencapai target sekitar 20.000 pendaftar,” ujar Sutarno ketika dimintai konfirmasi melalui ponselnya, Kamis.

Menurut Sutarno, pendaftar SBMPTN UNS diperkirakan terjadi penurunan dibanding tahun lalu kendati masih di atas target. Hal ini disebabkan persaingan di antara perguruan tinggi negeri (PTN) untuk meraup pendaftar juga bertambah, seperti UPN dan Universitas Tidar yang kini telah menjadi perguruan tinggi negeri. “Tentu saja menjadi lebih ketat,” ujarnya.

Advertisement

Di sisi lain, Sutarno mengingatkan agar pendaftar senantiasa waspada terhadap modus penipuan dengan iming-iming jaminan diterima di PTN yang diinginkan. Dia mencontohkan modus yang kerap ditemukan adalah penipuan berkedok lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Dia menegaskan, dalam penyelenggaraan SBMPTN tersebut, UNS maupun PTN lain yang ikut serta dalam seleksi itu, tidak melaksanakan kerja sama dengan lembaga bimbel mana pun.

“Sebab biasanya modus penipuan yang digunakan antara lain lembaga bimbel bekerja sama dengan perguruan tinggi. Dalam hal ini kami minta masyarakat, khususnya calon mahasiswa berhati-hati,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif