Jateng
Jumat, 22 Mei 2015 - 14:55 WIB

PEREDARAN BERAS PLASTIK : Ganjar Instruksikan Tiga Dinas Antisipasi Beras Plastik

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Peredaran beras plastik meresahkan masyarakat. Gubernur Jawa Tengah mengambil langkah antisipasi.

Kanalsemarang.SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, dan Badan Ketahanan Pangan untuk mengantisipasi masuknya beras plastik di provinsi setempat.

Advertisement

“Tiga dinas tersebut saya minta untuk bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan untuk turun langsung ke lapangan mencegah beras plastik,” katanya di Semarang, Kamis (21/5/2015).

Ganjar mengungkapkan bahwa berdasarkan pantauan jajarannya, tidak ditemukan ada peredaran beras plastik di Provinsi Jawa Tengah yang dapat membahayakan kesehatan manusia yang memakannya.

“Mudah-mudahan tidak ada terus, tapi kami akan terus memantau agar beras plastik tidak masuk ke Jateng,” ujarnya.

Advertisement

Anggota Komisi B DPRD Jateng Riyono yang ditemui terpisah meminta instansi terkait untuk memastikan apakah beras plastik sudah masuk ke provinsi setempat guna menghindari keresahan masyarakat.

“Dalam upaya mencegah masuknya beras plastik itu, dinas-dinas terkait juga harus memastikan bahwa itu beras plastik, bukan beras monolog yang merupakan hasil pengembangan Institut Pertanian Bogor dengan bahan dasar alami berupa jagung sehingga aman dikonsumsi,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Kendati demikian, kata dia, jika beras monolog itu diolah dengan tidak benar seperti ditambahkan bahan pengawet maka juga akan berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Advertisement

“Oleh karena itu, dinas-dinas terkait perlu teliti dalam melakukan pemeriksaan, dan masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati serta tidak mengkonsumsi beras plastik,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif