Soloraya
Jumat, 22 Mei 2015 - 05:20 WIB

KEBAKARAN SUKOHARJO : Gelap Halangi Pemadaman Kebakaran Duniatex

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api yang membakar gudang dan ruang produksi pabrik tekstil milik PT. Delta Merlin Dunia Textile, Pondok Grogol, Solo Baru, Sukoharjo, Kamis (21/5/2015). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Kebakaran Sukoharjo menimpa pabik Duniatex. Tetapi kegelapan menghalangi pemadaman api…

Solopos.com, SUKOHARJO – Kebakaran terjadi pabrik tekstil milik PT Delta Merlin Dunia Tekstil (DMDT) di Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah terbakar, Kamis (21/5/2015) sore. Pemadam kebakaran yang mencoba menjinakkan api teradang ketiadaan penerangan karena listrik dimatikan.

Advertisement

Seperti diberitakan Solopos.com, belasan mobil pemadam kebakaran berdatangan ke pabrik yang kondang juga dengan nama Duniatex itu berasal dari pelbagai daerah di Soloraya. Mobil-mobil merah itu dikerahkan untuk menangani kebakaran Sukoharjo tersebut. Wartawan kesulitan melaporkan upaya pemadaman api tersebut karena dilarang masuk kawasan pabrik oleh aparat satuan pengamanan dan beberapa karyawan pabrik.

Sukarelawan dari Sentra Komunikasi (Senkom) mitra Polres Sukoharjo, Suyanto, mengatakan upaya pemadaman terkandala asap yang pekat dan tidak adanya lampu penerangan. Luasnya pabrik tekstil yang mencapai hampir satu hektare membuat petugas kesulitan memadamkan api.

“Pertama-tama api muncul di bagian tengah. Api lalu merembet ke sisi selatan dan utara. Api di sisi utara sudah bisa dipadamkan. Sekarang kami berkonsentrasi untuk memadamkan api di sisi selatan,” terang Suyanto saat ditemui wartawan di lokasi.

Advertisement

Suyanto mengakui pekatnya asap membuat petugas kesulitan menemukan titik api. Mobil pemadam kebakaran juga tidak bisa menjangkau bagian tengah pabrik lantaran tak ada jalur jalan yang bisa dilalui mobil pemadam kebakaran untuk menjangkau lokasi.

Demi mengatasi buruknya tata letak pabrik itu, upaya pemadaman dilakukan melalui luar gedung. “Sekarang [kala itu pukul 19.00 WIB] petugas pemadam kebakaran masih terus mencari kemungkinan adanya titik api lain,” terang dia.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, yang berada di lokasi mengatakan pabrik tekstil tersebut berisi kain dan benang yang mudah terbakar. Menurutnya, api telah membakar sebagian bahan produksi sehingga membuat kepulan asap yang pekat.

Advertisement

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kerugian materi belum bisa dipastikan. Kami masih menyelidiki penyebab kebakarannya,” terang Andy.

 

 

BACA BERITA LENGKAP KEBAKARAN DUNIATEX:
Pabrik Duniatex Terbakar, Wartawan Diusir
Begini Pemadaman Kebakaran di Duniatex

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif