Lifestyle
Kamis, 21 Mei 2015 - 00:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Inilah 5 Cara Mencegah Hipertensi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/caramengatasipenyakit.com)

Tips kesehatan menyebutkan ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi).

Solopos.com, SOLO – Penyakit darah tinggi (hipertensi) merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Oleh karenanya, tindakan pencegahan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Advertisement

Sebagaimana dilansir Antara, Kamis (14/5/2015), ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSH), dr. Nani Hersunarti, SpJP, FIHA, mengatakan, pencegahan penyakit hipertensi dapat dilakukan dengan menyangkut modifikasi gaya hidup, yang sekurang-kurangnya mencakup lima hal yakni:

Upayakan Miliki Berat Badan Normal
Nani mengatakan sebaiknya upayakan berat badan pada kisaran indeks massa tubuh, 18,5-22,9 kg/m2.

Batasi Asupan Garam
Pakar hipertensi, dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP, FIHA, mengungkapkan, sebaiknya asupan garam harian tidak melebihi enam gram atau sekitar satu sendok teh. “Pengendalian hipertensi bukan hanya masalah pengontrolan hipertensi dengan obat-obatan, namun juga pola makan.

Advertisement

“Saat ini, terdapat pergeseran pola makan yang mengarah pada makanan cepat saji dan diawetkan, yang kita ketahui mengandung garam tinggi,” kata Arieska di Jakarta, pekan lalu.

Dia menjelaskan, asupan garam yang melebihi anjuran bisa memicu tekanan darah meningkat.

“Kalau pemakaian garam meningkat, maka sodium dalam plasma juga meningkat, sehingga osmolalitas meningkat. Kondisi ini menimbulkan perasaan haus, lalu volume sel-sel di luar bertambah dan menyebabkan tekanan darah meningkat,” kata dia.

Advertisement

Di samping itu, lanjut Arieska, garam juga bisa memicu sel-sel otot polos dan otot jantung membesar sehingga terjadilah pembesaran jantung. Akibatnya, lapisan-lapisan sel pembuluh darah menjadi rusak. Dia menambahkan, penelitian menunjukkan, diet rendah garam, yakni 4,5 gram per hari bisa menurunkan tekanan darah 2/1 mmHg.

Banyak konsumsi buah dan sayuran,
Banyak mengonsumsi buah, sayuran, dan susu rendah lemak mampu menurunkan tekanan darah sekitar 8-14 mmHg.

Meningkatkan Aktivitas Fisik
Para ahli kesehatan dari InaSH menyarankan kita melakukan aktivitas fisik aerobik secara teratur. Misalnya jalan kaki cepat secara terus menerus selama 30 menit dengan frekuensi 4-6 kali per pekan. Aktivitas rutin diketahui mampu menurunkan tekanan darah sekitar 4-9 mmHg.

Tidak Merokok

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif