Otomotif
Kamis, 21 Mei 2015 - 07:10 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Batal Pakai Mesin R15, Vixion Pakai Mesin MX King

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha New Vixion Advance. (Antara)

Sepeda motor terbaru Yamaha Vixion Advance kabarnya menggunakan mesin Jupiter MX King.

Solopos.com, SOLO – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis sepeda motor terbaru Vixion Advance. Meski masih dibekali mesin 150 cc, namun YIMM mengklaim mesin itu lebih irit dan lebih ramah lingkungan kerena telah berstandar emisi EURO3.

Advertisement

Seperti dilansir laman Detik, Rabu (20/5/2015), ternyata mesin yang ditanam YIMM pada Vixion Advance sama persis dengan mesin pada Jupiter MX King. Dalam gambar yang diunggah pengamat otomotif Irfan Ipanase di lamannya, tampak bagian head engine dan crankcase Vixion terbaru terdapat kode 2PV00 seperti pada MX King.

Mesin Yamaha Vixion Advance berkode 2PV00. (Pertamax7.com)

Namun jika menilik spesifikasi dua motor itu di laman resmi YIMM, dengan mesin yang sama, Jupiter MX King memiliki tenaga sebesar 15,4 hp pada putaran mesin 8.500 rpm. Sedangkan Vixion Advance bertenaga lebih besar, yakni 16,59 hp pada putaran yang sama.

Advertisement

Pengamat otomotif Iwan Banaran menjelaskan perbedaan tenaga itu terjadi berkat sejumlah setelan khusus yang dilakukan YIMM pada dua motor itu. Menurutnya perbedaan itu terdapat pada sektor camshaft, gear ratio, derajat pengapian serta Electronic Control Unit (ECU).

Dirdhana, Publication Manager YIMM membenarkan hal tersebut. Ia menyebut mesin kode 2PV00 adalah mesin 150 cc terbaru racikan YIMM. Khusus pada MX King setelannya buat lebih “jinak” sebab bobotnya ringan. Sedangkan pada Vixion dibuat lebih “galak” karena bobotnya lebih berat dan alasan segmen motor sport.

“Wajar, karena MX King usung model moped dan Vixion jenis sport. Kalau spek mesinnya dibikin sama persis, MX King bisa liar saat dikendalikan harian. Sebab, kontruksi rangka dan kaki-kakinya jauh berbeda dibandingkan Vixion,” tutur Dirdhana sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Iotomotif.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif