Soloraya
Kamis, 21 Mei 2015 - 01:10 WIB

PILKADA WONOGIRI 2015 : PKB Kantongi Lima Nama Cabup

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pilkada Wonogiri 2015 dari PKB sudah mengantongi lima nama cabub.

Solopos.com, WONOGIRI — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wonogiri belum menentukan arah koalisi dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun ini. Namun, untuk nama calon bupati (cabup), PKB sudah mengantongi lima nama, salah satunya Danar Rahmanto.

Advertisement

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Wonogiri, Muchlas, mengatakan telah menyurvei secara internal cabup yang akan diusung dalam pilkada nanti. Dari hasil survei itu PKB mengantongi lima cabup. Dia enggan menyebut kelima nama itu.

“Dari kelima cabup hasil survei PKB yang jelas ada nama Bupati Danar Rahmanto,” ujar Muchlas saat ditemui wartawan di Wonogiri, Rabu (20/5/2015).

Dia mengatakan kelima nama cabup itu sudah digodok dari tingkat bawah. Bahkan para sesepuh, kader, dan kiai juga mendukung kelima cabup hasil survei internal PKB.

Advertisement

“Indikator survei PKB dalam memilih pemimpin Wonogiri adalah berpihak pada rakyat, memiliki program yang selalu pro rakyat, dan mampu menyejahterakan rakyat kecil,” kata dia.

Mengenai koalisi karena sisi perolehan kursi di DPRD PKB tak memenuhi syarat mengajukan calon secara mandiri, Muchlas mengatakan sampai saat ini belum menentukan akan merapat ke mana. Dia mengakui ada enam partai politik (parpol) yang intens berkomunikasi dengan PKB. Namun, sampai detik ini PKB belum ambil keputusan.

“Boleh saja ada parpol yang mengklaim PKB akan merapat ke koalisi PDIP dan Golkar karena mereka salah satu parpol yang intens berkomunikasi dengan kami. Parpol lain jika ada yang mengajak koalisi kami juga terbuka,” kata dia.

Advertisement

Dia mengatakan penentuan koalisi bukan berdasarkan besarnya peluang menang lebih pada figur calon bupati yang diusung, yakni yang dinilai memiliki jiwa pemimpin, bukan penguasa.

“Dua pekan ke depan dari lima cabup hasil survei internal akan dipilih satu orang yang akan didukung maju dalam pilkada Wonogiri,” papar dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan sangat terbuka menerima parpol mana saja untuk berkoalisi di pilkada Wonogiri. “PDIP membuka pintu lebar kepada parpol mana pun untuk bergabung bersama-sama memajukan Wanogiri,” kata dia.

 

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Wonogiri 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif