Soloraya
Kamis, 21 Mei 2015 - 02:45 WIB

KOTA MODERN : Pemkab Karanganyar Harus Miliki Konsep yang Jelas

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kota modern (videohive.net)

Kota modern yang akan dikembangkan di wilayah Colomadu harus memiliki konsep yang jelas.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kabupaten Karanganyar harus memiliki konsep yang jelas tentang kota modern. Konsep itulah yang menjadi dasar pengembangan wilayah Colomadu.

Advertisement

Pakar perencanaan kota dan wilayah dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ir. Kusumastuti M.U.R.P. mengungkapkan kota modern adalah sebuah kota yang bisa memberikan banyak nilai tambah bagi masyarakatnya dengan memperhatikan kearifan lokal.

“Bentuknya tergantung karakter lokalitasnya,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Banyuanyar, Solo, Rabu (20/5/2015).

Advertisement

“Bentuknya tergantung karakter lokalitasnya,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Banyuanyar, Solo, Rabu (20/5/2015).

Sebenarnya saat ini, kata Kusumastuti, pengembangan wilayah yang lebih pas adalah menciptakan kota cerdas ataupun kota yang adaptif terhadap perubahan. Yaitu sebuah kota yang bisa menyadarkan warganya untuk berpikir tentang masa depannya, lebih peduli kepada diri dan lingkungannya. Kota modern juga harus mampu menyediakan banyak lapangan pekerjaan bagi warganya sehingga kehidupan warga semakin sejahtera.

Oleh karena itu jika wilayah Colomadu akan dikembangkan menjadi kota modern, terangnya, Pemkab Karanganyar harus memiliki konsep yang jelas tentang kota modern. Menurutnya, kota modern bukan sekadar kota yang di dalamnya banyak terdapat hotel dan pusat perbelanjaan. Kota modern adalah kota yang membuat warganya semakin cerdas.

Advertisement

“Selama ini banyak orang ketika berdiskusi pilih ke kafe karena memang tidak ada ruang publik yang nyaman,” katanya.

Pembentukan taman kota, terangnya, harus ada dalam sebuah kota modern. Selain menjadi ruang hijau, taman kota juga berfungsi sebagai tempat rekreasi keluarga. Transportasi umum yang nyaman, tepat waktu dan mudah diakses, juga bagian dari sarana kota modern yang harus dipenuhi. Jika hal itu terpenuhi, harapannya orang akan lebih senang menggunakan transportasi umum daripada transportasi pribadi.

“Dengan demikian polusi udara akan berkurang, kemacetan di jalan berkurang dan angka kriminalitas menurun,” jelasnya.

Advertisement

Hal lain yang perlu diperhatikan, ungkapnya, yaitu masalah penanganan limbah, sanitasi dan drainase yang layak. Hal itu sebagai bagian dari kepedulian manusia terhadap lingkungannya.

Camat Colomadu, Sri Suboko menerangkan kota modern yang akan diwujudkan di Colomadu bukanlah sebuah kota gemerlap yang mewah. Tapi sebuah kota yang tetap memperhatikan kearifan lokal dan membuat warganya semakin bertanggung jawab.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif