Sport
Kamis, 21 Mei 2015 - 10:25 WIB

GAJI TERMAHAL : PSG Patahkan Rekor Para Pemain Gaji City

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Paris Saint-Germain memperoleh gaji rata-rata tertinggi di Eropa. Ist/allsoccerplanet.com

Gaji termahal para pemain sepak bola di Eropa rekor tertinggi dipecahkan pemain PSG.

Solopos.com, PARIS — Paris Saint-Germain (PSG) dinobatkan sebagai tim dengan pembayaran gaji terbaik di dunia berdasarkan Global Sports Salaries Survey (GSSS) 2015.

Advertisement

GSSS merupakan hasil survei yang dilakukan Sporting Intelligence yang bekerja sama dengan ESPN The Magazine di Amerika Serikat. Mereka telah membandingkan pembayaran gaji dari mayoritas tim-tim olahraga dunia selama enam tahun.

PSG menjadi klub sepak bola ketiga yang mencatatkan gaji terbesar. Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Barcelona pada 2011 dan 2012, serta Manchester City pada 2013 hingga tahun lalu.

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (20/5/2015), raksasa Prancis itu tercatat membayarkan gaji rata-rata 5,3 juta poundsterling (Rp108,1 miliar) per tahun atau 101.898 poundsterling (Rp2 miliar) per pekan untuk masing-masing pemain di tim utama. Striker bintang, Zlatan Ibrahimovic, menjadi pemain dengan gaji termahal di PSG.

Advertisement

Raksasa Spanyol, Real Madrid, menghuni urutan kedua dengan rata-rata pembayaran gaji 5,04 juta poundsterling atau setara Rp102,8 miliar per tahun. Angka itu sudah termasuk pembayaran gaji fantastis untuk trio Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan James Rodriguez.

Sementara itu, lima klub Liga Premier Inggris berhasil menempati urutan 20 teratas. Pemegang rekor pembayaran terbaik tahun lalu, Manchester City, tergeser ke peringkat ketiga. Sergio Aguero dan Yaya Toure menjadi dua pemain City dengan bayaran tertinggi, yakni rata-rata 5,02 juta poundsterling (Rp102,4 miliar) per tahun atau 96.445 poundsterling (Rp1,9 miliar) per pekan.

Manchester United berada di peringkat keenam dengan para pemain di tim utama menerima gaji rata-rata 4,7 juta poundsterling atau Rp95,8 miliar per tahun. Chelsea menghuni peringkat kedelapan dengan rata-rata pembayaran gaji masing-masing pemain 4,4 juta poundsterling atau Rp89,8 miliar per tahun. Arsenal mengekor di peringkat ke-10, disusul Liverpool di urutan ke-14.

Advertisement

Jawara Liga Primera Spanyol sekaligus finalis Liga Champions, Barcelona, menempati urutan keempat. Sedangkan posisi 10 besar lainnya dihuni oleh tim baseball Amerika LA Dodgers di peringkat kelima, New York Yankees di peringkat kesembilan, serta juara Bundesliga Jerman Bayern Munich di urutan ketujuh.

Di sisi lain, Juventus yang juga telah memastikan tempat di final Liga Champions menjadi tim dengan pembayaran gaji terbaik di Italia. Si Nyonya Tua, julukan Juventus, menghuni peringkat ke-24 dengan pembayaran gaji pemain rata-rata 2,9 juta poundsterling atau Rp59,2 miliar per tahun.

PSG bertransformasi menjadi salah satu tim terkaya setelah disokong pengusaha minyak asal Timur Tengah. Mereka dua kali memenangi gelar Ligue 1 Prancis sebelum 2013 dan sekarang berhasil mengemas tiga trofi dalam tiga musim beruntun.

Sementara itu, Chelsea dan City juga sukses mengakhiri puasa gelar setelah diambil alih pengusaha minyak. The Blues, julukan Chelsea, didanai oleh milyuner asal Rusia, Roman Abramovich, sedangkan City didukung Sheik Mansour.
Chelsea tidak pernah juara sejak 1955 sebelum diambil alih Abramovich pada 2003, sedangkan City menanti sejak 1968 sebelum Mansour membeli klub itu pada 2008. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif