News
Kamis, 21 Mei 2015 - 10:55 WIB

EKSPOR KOMODITAS : Kadin Jateng Dorong Ekspor Melalui Website

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Ekspor komoditas harus dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha. Kadin Jawa Tengah mengimbau pelaku usaha untuk melakukan ekpsor dengan memanfaatkan teknologi.

Solopos.com, SOLO—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng mendorong pelaku usaha melakukan ekspor dengan meluncurkan getasean.com. Menggandeng pengusaha dari Singapura dan Malaysia, layanan tersebut diharapkan juga mampu meningkatkan bisnis anggotanya.

Advertisement

Project Coordinator Getasean.com, Novi Prastyawan, mengatakan website tersebut diluncurkan pada April lalu dan sebanyak 25 perusahaan dengan 30 penawaran sudah bergabung. Menurut dia, hingga kini sosialisasi terus dilakukan untuk menggaet lebih banyak peserta mengingat anggota Kadin di Jateng sekitar 700 pengusaha.

“Kami menciptakan tempat promosi dan berjualan jadi sekarang mencari pedagangnya. Layanan penjualan di getasean.com bukan ritel tapi penjualan dalam jumlah besar, yakni business to business,” ungkap Novi saat ditemui wartawan di Pose In Hotel, Rabu (20/5/2015).

Dia menjelaskan website tersebut tidak hanya untuk bertransaksi tapi juga promosi dan display produk. Novi mengatakan Jateng memiliki potensi ekspor yang sangat besar tapi selama ini hanya produk mebel serta tekstil dan produk tekstil (TPT) yang paling banyak diekspor. Oleh karena itu, pihaknya ingin menunjang ekspor produk lain, seperti kopi, mesin industri, handycraft dan lainnya.

Advertisement

Menurut dia, Singapura dan Malaysia dipilih karena lokasinya yang dekat. Apalagi Singapura merupakan pintu perdagangan untuk menuju belahan dunia lainnya. Meski begitu, dia menyampaikan tidak menutup kemungkinan akan bekerja sama dengan negara ASEAN lainnya.

Selain menawarkan tempat promosi, website ini juga menawarkan keamanan transaksi melalui trust pay system sehingga transaksi lintas negara yang dilakukan aman. Menurut dia, ada potensi gagal bayar oleh buyer setelah barang dikirim.

Oleh karena itu, melalui website ini, hal tersebut bisa dihindari. Hal ini karena member yang terdaftar sudah terverifikasi. Pada layanan tersebut juga melekat asuransi produk dan pengiriman sehingga buyer dan seller terlindungi. Namun diakuinya, yang bisa memanfaatkan website ini adalah anggota Kadin mengingat layanan ini dimunculkan untuk memberi nilai tambah bagi anggota.

Advertisement

Branch Manager (BM) PT Anugerah Tangkas Transportindo (ATT), Emilda, berharap dengan kerja sama dalam getasean.com, omzet perusahaan meningkat. Menurut dia, potensinya cukup besar mengingat banyak pengusaha kecil atau UKM di Jateng dengan kualitas produk yang baik.
“Kami menyediakan totally logistic solution kepada pelanggan. Selain itu, juga akan mendekati UKM secara personal, terutama yang belum memiliki izin ekspor. Akan kami bantu untuk pengurusannya,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif