Jatim
Rabu, 20 Mei 2015 - 09:05 WIB

PENIPUAN FACEBOOK : Wow, Penipu yang Catut Nama Kastreskrim Ternyata Perempuan Pedagang Pakaian

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Penipuan Facebook (FB) yang memakai akun FB abal-abal petinggi polisi akhirnya ditangkap. Pelakunya seorang perempuan pedagang pakaian.

Madiunpos.com, SURABAYA –Pelaku penipuan yang mencatut nama Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Aldy Sulaeman, akhirnya dibekuk. Pelaku adalah YS, warga Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. YS adalah seorang perempuan yang berprofesi sebagai pedagang pakaian di pusat pertokoan di Jalan kartini Bandar Lampung.

Advertisement

Polisi langsung mendatangi lapak YS. Namun saat hendak diamankan, YS mengelak terhadap tuduhan itu sehingga sempat terjadi keributan. Polisi bahkan sempat dilabrak para pedagang lain.

“Setelah kami jelaskan disertai bukti-bukti yang ada, pedagang lain akhirnya bisa mengerti. Pelaku juga tak bisa mengelak lagi,” ujar Aldy.

Akpol lulusan tahun 2006 itu mengatakan, peran dari YS adalah mengambil uang hasil penipuan tersebut. Uang itu disimpan dalam rekening Bank Mandiri atas nama Aldy Sulaeman. Sementara otak penipuan yakni HR masih dalam pengejaran.

Advertisement

HR sendiri diketahui saat ini masih mendekam di jeruji tahanan Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Rajabasa, Lampung. HR mengendalikan jaringan melalui ponsel dari balik lapas.Lapas Rajabasa sendiri diketahui jarang dirazia sehingga penggunaan ponsel dan alat komunikasi lain lebih bebas.

“Kami masih mengembangkan kasus ini termasuk memburu HS dan orang-orang lain yang merupakan sindikatnya,” tandas Aldy.

Nama Aldy memang telah dicabut untuk membuat akun facebook. Aldy palsu tersebut berkenalan dan merayu para perempuan untuk kemudian ditipu agar mengirimkan uang dengan berbagai alasan. Setidaknya uang sebanyak Rp1 miliar sudah berhasil dikeruk oleh para penipu tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif