Soloraya
Rabu, 20 Mei 2015 - 03:10 WIB

PENDIDIKAN SUKOHARJO : Partisipasi PAUD di Sukoharjo Belum Penuhi Target

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah murid PAUD Aisyiyah Sukoharjo menunjukkan hasil tulisan Arab bismillahirrahmaanirrahim dalam kegiatan memecahkan rekor Muri di Alun-Alun Satya Negara, Sukoharjo, Sabtu (25/4/2015). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Pendidikan Sukoharjo khususnya PAUD belum memenuhi target yang dicanangkan.

Solopos.com, SUKOHARJO — Angka partisipasi kasar (APK) pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Sukoharjo belum mencapai target yang dicanangkan dalam program Millennium Development Goals (MDGs) sebesar 75%.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non-Formal Informal (PNFI) Dinas Pendidikan (Disdik) Sukoharjo, Siti Nurngaeni, mengatakan jumlah anak usia 0-6 tahun yang menjadi siswa PAUD mencapai 44,32%. Sementara jumlah anak usia 3-6 tahun yang menjadi siswa PAUD mencapai 77,06%.

“Khusus APK PAUD anak usia 3-6 tahun sebesar 77,06% sebetulnya sudah mendekati target dari Pemkab Sukoharjo yang sebesar 82%. Khusus APK PAUD anak usia 0-6 tahun memang lebih sedikit,” jelas Eni dalam jumpa pers di sela-sela acara Sarasehan Merajut Simpul Gerakan Melalui Inovasi Masyarakat untuk Perubahan Sosial yang digelar Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Kompleks Setda Sukoharjo, Selasa (19/5/2015).

Eni menjelaskan ada banyak faktor penyebab belum terpenuhinya target APK PAUD. Namun, rendahnya kesadaran orang tua mendominasi penyebab sang anak tidak mengenyam layanan PAUD. Guna memenuhi target APK PAUD, Bidang PNFI Disdik Sokoharjo sudah mengukuhkan Bunda PAUD di tiap kecamatan.

Advertisement

“Bunda PAUD itu tugasnya memotivasi masyarakat untuk menghidupkan posyandu dan mendorong berdirinya PAUD. Bunda PAUD juga bertugas membangun kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke PAUD,” ujarnya.

Pertumbuhan jumlah PAUD baik itu taman kanak-kanak (TK) maupun kelompok bermain (KB) di Sukoharjo meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Disdik mencatat terdapat 611 PAUD di Sukoharjo dengan rincian 362 TK dan 249 KB.

“Program satu desa satu PAUD di Sukoharjo sudah terpenuhi. Jumlahnya sudah cukup proporsional. Beberapa PAUD bahkan diminati anak dari luar Sukoharjo,” papar Eni.

Advertisement

Sementara itu, Direktur YSKK, Suroto, mengatakan jumlah APK PAUD di Sukoharjo itu belum ideal. Terlebih target APK PAUD yang dicanangkan dalam program MDGs mencapai 75% untuk anak usia 0-6 tahun. “Ini menjadi bahan evaluasi bersama mengingat pertumbuhan jumlah PAUD yang semakin meningkat dari tahun ke tahun itu belum dibarengi dengan pencapaian target APK,” katanya.

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif