Soloraya
Rabu, 20 Mei 2015 - 07:50 WIB

PASAR GEDE SOLO : Proyek Sargede Rp5 Miliar Dimulai Juni

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Gede Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Penataan Pasar Gede akan segera digelar setelah proses lelang selesai dilakukan.

Solopos.com, SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan memulai proyek penataan kawasan Pasar Gede senilai Rp5 miliar pada Juni mendatang. Pemkot sampai kini masih merampungkan proses lelang penataan kawasan Pasar Gede.

Advertisement

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Agus Djoko Witiarso ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Selasa (19/5/2015), mengatakan proses lelang penataan kawasan Pasar Gede sudah memasuki tahapan aanwijzing atau penjelasan. Agus menargetkan proses lelang rampung akhir Mei, sehingga penataan kawasan Pasar Gede bisa dikerjakan pada Juni mendatang.

Agus mengatakan sebenarnya penataan kawasan Pasar Gede merupakan proyek pembangunan pada 2014 lalu, namun batal dilaksanakan. Penyebabnya, lelang proyek yang digelar Pemkot Solo gagal mendapatkan pemenang.
“Lelang baru kita buka lagi pada awal April. Proyek ini nanti ditarget rampung Oktober mendatang,” katanya.

Agus mengatakan ada perlakuan khusus dalam menata kawasan Pasar Gede mengingat masuk kawasan Benda Cagar Budaya (BCB). Selain itu di sana kawasan padat, sehingga sebisa mungkin proyek dikerjakan cepat. Hal ini agar tidak mengganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Advertisement

Agus menuturkan kompenen pekerjaan penataan kawasan Pasar Gede ini meliputi pembangunan kawasan pedistrian di sisi timur dan barat pasar. “Pembangunan pedistrian ini menggunakan material batu alam. Jadi kesan Pasar Gede sebagai ikon wisata Kota Solo bisa terlihat,” katanya.

Selain membangun kawasan pedistrian, penataan juga menyasar perbaikan drainase Pasar Gede. Pemkot akan membangun drainase baru dengan kapasitas yang lebih besar tepat di bawah pedistrian tersebut. Drainase ini diharapkan mampu mengatasi persoalan genangan air di kawasan Pasar Gede. Tak hanya itu, pihaknya juga akan menata pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pasar Gede.

“Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pengelola Pasar (DPP) untuk menata para PKL itu,” kata Agus.

Advertisement

Terpisah, Kepala DPP Kota Solo, Subagiyo mengatakan proyek penataan kawasan Pasar Gede akan diikuti dengan renovasi bangunan Pasar Gede sisi barat dan penatan PKL di emperan Pasar Gede sebelah timur. Bangunan Pasar Gede sebelah barat akan dikembalikan sebagaimana fungsinya. Bentuk dan model bangunan akan dikembalikan ke bentuk asli. “Bangunan sisi barat rusak akibat dimanfaatkan untuk pedagang ikan dulu. Nanti akan dikembalikan lagi sesuai fungsinya,” katanya.

Sedangkan untuk di emperan Pasar Gede sebelah timur, Subagiyo mengatakan akan direlokasi ke pasar darurat di Jl. Urip Sumoharjo. Sebelum nantinya mereka akan direlokasi ke Pasar Gede sisi barat yang kini tengah dalam tahap revitalisasi. “Relokasi PKL ke pasar darurat tinggal menunggu lelang penataan Pasar Gede di DTRK rampung,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif