Jateng
Selasa, 19 Mei 2015 - 15:55 WIB

HARGA KOMODITAS : Jelang Ramadan, Harga Sembako di Batang Stabil

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (Bisnis/dok)

Harga komoditas sembako di Kabupaten Batang relatif stabil menjelang datangnya Bulan Puasa.

Kanalsemarang.com. BATANG-Harga sembilan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, selama sepekan terakhir relatif stabil karena pasokan komoditas sembako itu tercukupi dan lancar.

Advertisement

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Batang, Jamal Abdul Nasser di Batang, Selasa, mengatakan bahwa harga beras, minyak, telur, dan gula masih stabil, bahkan cenderung sedikit menurun.

“Kami pastikan harga sembako di pasaran tidak ada kenaikan karena pasokan komoditas kebutuhan pokok ini tercukupi dan lancar,” katanya.

Harga beras jenis membramo dan IR-64, kata dia, semula sekitar Rp8.300 per kilogram kini turun menjadi Rp8.000/kg, dan telur Rp18.000u/kg.

Advertisement

“Hanya saja, kestabilan harga kebutuhan sembako ini tidak diikuti oleh komoditas sayuran dan bahan bumbu lainnya,” katanya.

Ia mengatakan harga bawang merah semula hanya Rp23.000/kg kini naik menjadi Rp25.000/kg, dan cabai rawit semula Rp11.000/kg naik menjadi Rp13.000/kg.

“Naiknya harga komoditas sayuran ini karena pasokan dari daerah penghasil mulai menurun. Akan tetapi, kami perkirakan kenaikan harga sayuran akan stabil kembali dalam waktu yang tidak lama,” katanya.

Advertisement

Pedagang pasar Kalisari Batang, Edo Suripto mengatakan permintaan masyarakat terhadap komoditas sembako dan sayuran masih relatif stabil.

“Kami perkirakan permintaan masyarakat terhadap barang sembako akan naik menjelang Ramadan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif