News
Minggu, 17 Mei 2015 - 23:40 WIB

PM Luksemburg, Pemimpin Uni Eropa Pertama Nikah Sesama Jenis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gauthier Destenay dan Xavier Bettel seusai melangsungkan pernikahan (Independent.co.uk)

Xavier Bettel menjadi pemimpin Uni Eropa pertama yang melangsungkan pernikahan sesama jenis.

Solopos.com, SOLO – Perdana Menteri Luksemburg, Xavier Bettel, resmi menikah sesama jenis, Jumat (15/5/2015). Itu menjadikannya pemimpin pertama yang melakukan pernikahan sesama jenis di Uni Eropa.

Advertisement

Seperti dilansir Huffington Post, Jumat (15/5/2015), Xavier Bettel menikahi seorang arsitek berkebangsaan Belgia. Pria itu bernama Gauthier Destenay. Mereka menikah setelah beberapa bulan pernikahan sesama jenis dilegalkan di negara itu.

Pada acara tersebut hadir pula Perdana Menteri Belgia, Charles Michel. Dia mengatakan ingin turut serta merayakan momen bahagia pemimpin negara tetangganya itu.

“Saya datang ke pernikahan sebagai seorang teman. Ini momen besar bagi dia dan saya harus hadir,” ujar Charles Michel.

Advertisement

Xavier Bettel yang sebelumnya adalah seorang ahli hukum mengumumkan dirinya penyuka sesama jenis sekitar tujuh tahun lalu. Saat itu, Gauthier Destenay sudah menjadi pacarnya.

“Saya ingin jujur pada semua orang, saya adalah seorang gay. Dan ketika orang-orang mengatakan aku sakit karena pilihan itu, saya menjawab itu bukan sebuah pilihan,” ujar Bettel.

Xavier Bettel menjadi perdana Menteri Luksemberg pada Desember 2013 lalu. Dia menggantikan Jean-Claude Juncker yang telah berkuasa selama 19 tahun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif