Jateng
Jumat, 15 Mei 2015 - 05:50 WIB

SITUS LIYANGAN TEMANGGUNG : Ekskavasi Libatkan Arsitek dan Ahli Arkeobotani

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

itus Liyangan Temanggung masih dalam proses ekskavasi. Tim ekskavasi Situs Liyangan di lereng Gunung Sindoro ini melibatkan ahli arsitektur dan ahli arkeobotani 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Proses ekskavasi Situs Liyangan di lereng Gunung Sindoro di Desa Purbosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melibatkan ahli arsitektur dan arkeobotani.

“Berbeda dari sebelumnya pada ekskavasi kali ini yang berlangsung pada 12-27 Mei 2015, kami dibantu oleh ahli dari disiplin ilmu yang berbeda, yakni arsitektur dan arkeobotani,” kata Ketua Tim Ekskavasi Situs Liyangan Sugeng Riyanto di Temanggung seperti dikutip Antara, Rabu (13/5/2015).

Advertisement

Ia mengatakan ahli arsitektur akan mengkaji aspek arsitektural bangunan-bangunan batu di Situs Liyangan. Pada kajian awal arsitektur ini, fokusnya ada di struktur dan konstruksi bangunan batu.

Ahli arkeobotani akan mengkaji jenis-jenis tanaman atau vegetasi yang ada di sekitar situs.

“Tahun lalu kami sudah mengawali dengan mengirim sampel ke ahli arkeobotani dengan analisis polen atau serbuk sari, hasilnya ternyata selaras dengan asumsi,” katanya seperti dikutip Antara.

Advertisement

Ia mengatakan tanaman di sekitar candi itu cenderung jenis bunga, di sekitar jalan batu berupa tanaman perdu, di bagian atas di luar areal ibadah berupa tanaman keras, yakni jenis cemara pandak.

Selain itu, di bagian yang diasumsikan daerah pertanian diduga jenis rumput-rumputan atau keluarga padi-padian.

“Hal itu masih kajian awal, makanya tahun ini kami dalami betul sehingga nanti bisa diketahui di mana sawahnya, kebun, tanaman bunga, di mana tanaman keras atau kayu, karena kayu itu digunakan sebagai bahan bangunan yang sekarang ditemukan arang-arangnya,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif