Soloraya
Jumat, 15 Mei 2015 - 10:15 WIB

PENDIDIKAN SRAGEN : 4 SMK Siap Pasarkan Produk Kreatif Bikinan Siswa

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu produk teknologi tepat guna dari siswa SMK Muhammadiyah 2 Sragen yang dipamerkan dalam pameran produk kreatif SMK tahun 2015, Selasa (12/5/2015). (Abdul Jalil/JIBI/Solopos)

Pendidikan Sragen dikembangkan, salah sarunya dengan mengembangkan produk bikinan siswa SMK.

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak empat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sragen siap memasarkan produk kreatifnya ke publik pada tahun ini. Empat SMK tersebut yaitu SMKN 1 Sambirejo, SMKN 1 Mondokan, SMKN 1 Kalijambe, dan SMKN Muhammadiyah 3 Gemolong.

Advertisement

Ketua Panitia Pameran Produk Inovasi SMK dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Lomba Keterampilan SMK tahun 2015, Dinas Pendidikan Sragen, Suwardi, mengatakan empat SMK tersebut dianggap telah siap dan memiliki produk yang bisa dipasarkan ke masyarakat umum.

Produk keempat SMK tersebut rata-rata di bidang tata busana, yaitu pembuatan baju, kebaya, selimut, dan barang kreatif lainnya.

Dia juga mengatakan dalam pameran inovasi SMK ini diikuti 43 SMK baik negeri dan swasta di Bumi Sukowati. 43 SMK ini memerkan berbagai produk kreatif sesuai dengan keahlian dan bidangnya masing-masing.

Advertisement

“Kami menyiapkan 48 stand pameran yang digunakan untuk memamerkan produk mereka,” katanya saat diwawancarai wartawan di lokasi pameran GOR Diponegoro Sragen, Selasa (12/5/2015).

Guru SMKN 1 Sambirejo, Lia Cahyaningrum, mengatakan produk yang dihasilkan dari siswa sekolah ini meliputi produk tata busana dan alat pemotong rumput. Produk tersebut pada tahun ini memang sudah dipasarkan secara umum di masyarakat. Namun, produksinya masih terbatas dan belum dalam skala besar.

Menurutnya, beberapa produk kreatif tersebut pada tahun ini juga dimantapkan untuk bisa dipasarkan secara luas. Apalagi setelah dibukanya gedung pusat bisnis dan industri di SMK itu.

Advertisement

“Selama ini kami juga telah membuka konveksi pembuatan seragam sekolah, namun memang masih sekala kecil belum dalam partai besar,” katanya kepada

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif