Teknologi
Kamis, 14 Mei 2015 - 15:45 WIB

PROSESOR TERBARU : Mediatek Buat Chipset Deca-Core Helio X20

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mediatek Deca-Core (indianexpress.com)

Prosesor terbaru Mediatek adalah Helio X20 yang merupakan chipset dengan inti sepuluh.

Solopos.com, SOLO – Mediatek membuat langkah mengejutkan dengan memproduksi prosesor dengan inti sepuluh atau deca-core. Prosesor ini kabarnya menjanjikan performa 30 lebih efisien dari chipset generasi sebelumnya.

Advertisement

Dilansir Teknoup, Kamis (14/5/2015), Mediatek telah resmi meluncurkan produk terbarunya dengan kekuatan deca-core Helio X20. Dengan tri-cluster, Mediatek berbagi core dengan berjalan dalam berbagai kecepatan.

Performa tertinggi dari Helio X20 ini merupakan dual-core Cortex A72 dengan clock 2.5 GHz. Kemudian, cluster quad-core Cortex A53s dengan clock 2 GHz. Terakhir, cluster quad-core A53s dengan clock 1.4 GHz.

Secara keseluruhan, ini berarti membuat chipset itu menjadi 10 core, yang dimana Mediatek memiliki interkoneksi custom baru mereka yang disebut Mediatek Coherent System Interconnect (MCSI).

Advertisement

Secara teknis, chipset terbaru besutan Mediatek ini dapat didesain menjadi empat cluster. Mengingat bahwa itu adalah SoC pertama dengan integrasi Cortex M4 yang sudah dilengkapi ultra power-efficient core, maka ketika layar terkunci dan memutar musik pada sebuah perangkat, maka prosesor mampu mengambil semua beban tersebut.

Dengan semua klaim yang telah dibeberkan, Mediatek menjanjikan bahwa peningkatan efisiensi pada performanya akan naik hingga 30%. Hal ini membuat terkejut setelah melihat detail yang sedikit lebih konkret dengan statistik daya penggunaan beberapa aplikasi tertentu serta setelah melakukan perbandingan dual-cluster.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Chipset Mediatek PROSESOR
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif