Umum
Rabu, 13 Mei 2015 - 03:10 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : Kelulusan Diumumkan Jumat, Siswa Wonogiri Dilarang Konvoi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Konvoi Kelulusan JIBI/Harian Jogja/Antara

Ujian Nasional 2015 tingkat SMA dan sederajat akan diumumkan Jumat (15/5/2015). Siswa dilarang melakukan konvoi.

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri menetapkan tanggal pengumuman kelulusan siswa SMA dan sederajat pada Jumat (15/5/2015). Untuk mencegah para siswa berkonvoi, sekolah diminta mengumumkan kelulusan siswa pada sore hari.

Advertisement

Disdik melarang siswa berkonvoi dan mencoret-coret baju seragam. Hal itu disampaikan Kepala Disdik Wonogiri, Siswanto, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (12/5/2015).

Siswanto mengatakan ada kabar yang menyebut kelulusan siswa SMA diumumkan Senin (18/5/2015). Namun, Disdik Wonogiri memilih mengumumkan kelulusan siswa SMA pada Jumat sesuai surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Disdik Wonogiri tak mau terombang-ambing dengan ketidakpastian tanggal pengumuman kelulusan siswa. Kami sudah menetapkan Jumat sebagai hari pengumuman kelulusan siswa sesuai surat dari Kemendikbud,” kata dia.

Advertisement

Disdik Wonogiri siap mengundurkan jadwal pengumuman kelulusan siswa jika ada surat dari Kemendikbud yang menyatakan kelulusan siswa SMA diumumkan pada Senin.

Nilai ujian nasional (UN) sudah dikirim ke masing-masing sekolah. ”Hari ini [kemarin], nilai UN sudah dikirim ke sekolah. Silakan pengelola sekolah menggelar rapat pleno dan menentukan kelulusan siswa,” kata dia.

Siswanto berharap tingkat kelulusan siswa SMA mencapai 100% agar tidak ada anak didik yang harus mengulang atau mengikuti ujian pendidikan kesetaraan. Kelulusan siswa tahun ini menjadi kewenangan pihak sekolah.

Advertisement

“Nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tak lagi menjadi penentu kelulusan. Nilai UN diberi bobot dan menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan kelulusan siswa di masing-masing sekolah,” ujar dia.

Terpisah, Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Sri Ningsih Iriani, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean, akan mengerahkan 80-an personel satlantas untuk mengawasi jalan-jalan di Wonogiri selama pengumuman kelulusan. “Satlantas all out melakukan pengamanan ruas jalan saat pengumuman kelulusan,” jelas dia.

Kasatlantas juga sudah menyurati pengelola sekolah agar mengendalikan siswa untuk tidak berkonvoi. “Satlantas juga memasang spanduk berisi imbauan agar tidak ada konvoi perayaan kelulusan,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif