Soloraya
Rabu, 13 Mei 2015 - 01:45 WIB

PUPUK BERSUBSIDI : Bupati Klaten Siap Tindak Distributor dan Pengecer nakal

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pupuk bersubsidi (JIBI/Solopos/Dok.)

Pupuk bersubsidi di Klaten yang terkendala oleh distributor dan pengecer nakal.

 Solopos.com, KLATEN – Bupati Klaten, Sunarna, siap menindak distributor atau pengecer nakal yang tidak menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) petani. Selama ini, Bupati mengaku belum menerima laporan tentang kelangkaan pupuk di 26 kecamatan selama Musim Tanam (MT) II.

Advertisement

Demikian penjelasan Sunarna, saat ditemui wartawan di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Klaten, Selasa (12/5/2015). Bupati tak segan untuk memanggil distributor atau pengecer yang mencoba memainkan pupuk bersubsidi.

“Kalau memang ada petani Klaten yang mengeluhkan kelangkaan pupuk, tentu akan kami cek kebenarannya. Kalau perlu, akan kami panggil distributor atau pengecer yang ada di daerah tersebut. Yang jelas, saat ini belum ada laporan tentang kelangkaan pupuk,” katanya.

Sunarna menjelaskan jadwal pendistribusian pupuk bersubsidi di Klaten sudah diatur sebelum MT II berlangsung. Pendistribusian pupuk di Klaten melibatkan 10 distributor dan 148 pengecer.

Advertisement

“Sudah ada jadwalnya. Kalau memang ada masalah, tinggal kami panggil sesuai data yang ada,” katanya.

Sebelumnya, petani asal Pundungan, Juwiring, Sumadi, 68, mengaku kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi jenis phonska. Kelangkaan pupuk juga dirasakan petani di kawasan Tulung. Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Wahyu Prasetyo, membantah adanya kelangkaan pupuk.

“Distribusi pupuk harus berdasarkan data yang jelas. Biasanya kalau ada petani yang kesulitan mencari pupuk karena mencari lagi di daerah lain. Itu karena mereka tak terdaftar, lalu mengatakan ada kelangkaan pupuk. Saya jamin, di Klaten tak ada kelangkaan pupuk bersubsidi,” katanya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif