Jateng
Rabu, 13 Mei 2015 - 06:50 WIB

PASAR JOHAR TERBAKAR : Revitalisasi Pasar Johar Akan Sesuaikan Aspek-aspek Cagar Budaya

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepulan asap hitam masih keluar dari bangunan kios Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar pada Sabtu malam. Foto diambil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Kepulan asap hitam masih keluar dari bangunan kios Pasar Induk Johar Semarang yang terbakar pada Sabtu malam. Foto diambil Minggu (10/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Pasar Johar terbakar segera diatasi Pemkot Semarang. Salah satunya revitalisasi yang akan disesuaikan dengan aspek-aspek cagar budaya

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi memastikan rencana revitalisasi Pasar Johar Semarang pascakebakaran akan disesuaikan dengan aspek-aspek cagar budaya.

Advertisement

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Walikota Semarang Hendrar Prihadi memastikan rencana revitalisasi Pasar Johar Semarang pascakebakaran akan disesuaikan dengan aspek-aspek cagar budaya.

“Pasar Johar adalah bangunan cagar budaya yang kita tahu pada Sabtu (9/5/2015) terbakar. Apakah ini nanti akan dibangun dengan konsep cagar budaya? Ya,” katanya di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (12/5/2015).

Namun, kata dia, segala sesuatu yang berkaitan dengan teknis bangunan akan tetap dikonsultasikan dengan tim teknis yang akan mengkaji kekuatan struktur bangunan kuno Pasar Johar Semarang.

Advertisement

“Kami tidak akan terlalu memaksa pada tim konsultan atau tim teknis jika mengatakan, ‘Itu konstruksinya sudah tidak kuat, besinya sudah melepuh, dan lain-lain’ maka akan dibongkar,” ungkapnya.

Desain bangunan baru Pasar Johar nantinya, kata dia, akan disesuaikan lagi dengan prinsip kecagarbudayaan dengan melibatkan para pakar, ahli cagar budaya, dan ahli bangunan gedung.

“Namun, pada saat tim teknis nantinya mengatakan, ‘Pak Wali, konstruksinya [Pasar Johar] masih kuat dan bisa dipertahankan, ya, dipertahankan,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Advertisement

Makanya, Hendi mengatakan akan melibatkan para pakar untuk membantu membuatkan formulasi teknis mengenai dampak kebakaran Pasar Johar merusak kekuatan konstruksi bangunannya atau tidak.

Berkaitan dengan anggaran revitalisasi Pasar Johar, ia mengatakan ditangani oleh pemerintah pusat, sementara pemerintah kota dan provinsi menangani pembangunan tempat relokasi pedagang Pasar Johar.

“Untuk anggaran tempat relokasi pedagang Pasar Johar, dari Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, sementara dari APBN nanti untuk proses revitalisasi Pasar Johar baru,” pungkasnya.

Advertisement

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel memastikan akan merevitalisasi Pasar Johar pascakebakaran yang menghanguskan ribuan kios pedagang di pasar tersebut, Sabtu (9/5).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif