News
Selasa, 12 Mei 2015 - 13:00 WIB

PEMBLOKIRAN SITUS : Pemerintah Blokir 900.000 Situs Negatif, Terbanyak Laman Esek-Esek

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi situs dewasa (Dok)

Pemerintah memblokir 900.000 situs bermuatan negatif, terutama konten esek-esek.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir sebanyak 900.000 situs bermuatan negatif, terutama laman esek-esek, selama kurun waktu satu tahun terakhir.

Advertisement

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan informasi terkait situs bermuatan negatif itu sebagian besar diperoleh dari pengaduan masyarakat melalui situs resmi Kemenkominfo.

“Secara keseluruhan [konten negatif] totalnya 800.000 sampai 900.000 situs sampai saat ini. Paling banyak konten dewasa, semua ditutup,” ujar dia di Istana Wakil Presiden, Selasa(12/5/2015).

Menurut Rudiantara, penutupan konten bermuatan negatif itu dilakukan berdasarkan Peraturan Menkominfo No.19/2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif.

Advertisement

Beleid yang ditandatangani oleh Menkominfo Kabinet Indonesia Bersatu Julid II Tifatul Sembiring itu terbit pada Juli 2014. Menurut perhitungan, konten aduan masyarakat sudah aktif hampir setahun terakhir.

Kendati pemerintah sudah menutup situs bermuatan negatif dengan jumlah fantastis, dia mengaku masih banyak yang belum tertangani. Pasalnya, konten pornografi yang ada saat ini berdiaspora terus menerus.

“Itu saja masih banyak yang belum [ditutup]. Sekarang di-blok 100, besok muncul lagi 200,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif