Otomotif
Selasa, 12 Mei 2015 - 11:30 WIB

MOBIL TOYOTA : Mesin GD Jadi Jantung Pacu Baru Buat Fortuner dan Innova

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toyota Fortuner. (Toyota-astra.co.id)

Mobil Toyota Fortuner dan Kijang Innova dibekali jantung pacu baru dengan kode mesin GD.

Solopos.com, WINA – Mobil Toyota Fortuner dan Kijang Innova versi mesin diesel kini dibekali jantung pacu baru dengan kode GD. Mesin baru itu diperkenalkan Toyota di pameran otomotif Vienna Motor Symposium 2015 di Austria.

Advertisement

Seperti dilansir laman Indianautosblog, Senin (11/5/2015), mesin diesel kode GD hadir sebagai jantung pacu baru mobil Toyota Fortuner dan Innova yang sebelumnya masih mengusung mesin tipe KD. Mesin GD hadir dalam dua varian, yakni GD 2.4L yang menggantikan mesin 2.5L KD-FTV dan GD 2.8L yang menggantikan mesin 3.0L KD-FTV.

Toyota menjelaskan mesin itu telah dilengkapi dengan teknologi Economy with Superior Thermal Efficient Combustion (ESTEC). Tak ketinggalan, variable geometric turbocharger juga turut disematkan untuk menambah muntahan tenaga mesin terbaru itu.

Dengan teknologi itu, varian terbaru Toyota Fortuner dan Kijang Innova diklaim lebih irit ketimbang versi pendahulunya.

Advertisement

Di atas kertas, mesin GD 2.4L diklaim dapat menyemburkan tenaga mencapai 160 hp dengan torsi 400 Nm. Sedangkan mesin GD 2.8L memiliki muntahan tenaga lebih besar, yakni mencapai 177 hp dan torsi 450 Nm.

Keduanya sama-sama dibekali transmisi otomatis dan manual dengan enam percepatan. Mesin itu sebelumnya juga telah terpasang pada model terbaru Toyota Hilux.

Dikutip Solopos.com dari laman Detik, Jumat (1/5/2015), mobil Toyota Fortuner dan Kijang Innova generasi terbaru kerap terpantau di jalanan India saat tengah dalam proses uji coba. Kendati demikian PT Toyota Astra Motor (TAM) masih belum bisa memastikan kapan mobil itu meluncur di Indonesia.

Advertisement

“Sampai saat ini, kami belum mengetahui apakah dua produk ini [Fortuner dan Kijang Innova] akan dikeluarkan pada semester dua 2015 ini atau tahun depan. Semua masih menunggu kabar dan keputusan resmi Toyota Motor Corporation,” ungkap Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning and Public Relation TAM.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif