Soloraya
Selasa, 12 Mei 2015 - 07:00 WIB

INFO SOLO : Begini Cara RS Panti Waluyo Bantu Pasien dengan Smartphone

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - RS Panti Waluyo (JIBI/Solopos/Dok.)

Info Solo kali ini terkait pemanfaatan smartphone untuk memudahkan pasien di RS Panti Waluyo.

Solopos.com, SOLO – Produksi massal pesawat telepon genggam membuat harganya semakin terjangkau dan diterima semua lapisan masyarakat. Fenomena itu dimanfaatkan secara cerdas oleh pengelola RS Panti Waluyo Solo untuk memudahkan pasiennya.

Advertisement

RS Panti Waluyo sejak Februari 2015 menjalankan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Online untuk memudahkan pasien memanfaatkan fasilitas rumah sakit di Jl. Jenderal Ahmad Yani 1, Solo, Jawa Tengah itu. Pasien bisa memanfaatkan Short Message Service (SMS), Blackberry Messenger (BBM), ataupun Whatsapp (WA) pada ponsel pintar (smartphone) mereka untuk mendaftarkan diri untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kemudahan itu semula dikhususkan bagi para calon pasien pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang jumlahnya tidak sedikit. “Ini [JKN Online] adalah untuk menghadapi para pengguna BPJS yang lama mengantre,” jelas Tri Arsanto selaku anggota staf kehumasan RS. Panto Waluyo, saat ditemui Solopos.com di lobi RS Panti Waluyo, Selasa (28/4/2015).

Pasien pengguna JKN atau BPJS bisa mendaftarkan diri untuk menjalani pemeriksaan medis melalui JKN Online. Keesokan harinya, ia tinggal hadir di RS Panti Waluyo sesuai konfirmasi yang diterima dari admin JKN Online.

Advertisement

Selain berguna bagi pengguna BPJS untuk kepentingan pendaftaran, fitur-fitur seperti SMS, BBM, dan WA tersebut juga dapat digunakan oleh semua orang, Publik non peserta JKN atau BPJS bisa berkomunikasi dengan pihak rumah sakit untuk bertanya jawab tentang syarat pemanfaatan asuransi kesehatan, bahkan berkonsultasi seputar kesehatan.

“JKN Online ini untuk perkembangan pelayanan agar efektif dan efisien dan juga tentu untuk mempermudah [calon pasien] mendapatkan nomor antrean,” imbuh Tri. Walaupun baru diberlakukan pada bulan Februari 2015 lalu, antusiasme masyarakat memanfaatkan JKN Online ini tampak sangat tinggi. (Azizah/JIBI/Solopos.com)

Hot-Line RS Panti Waluyo

Advertisement
Instalasi Gawat Darurat (IGD) 0271 – 712114
Pendaftaran Via Telepon 0271 – 724486
Pendaftaran SMS/WA,

Dengan format : Nama / No. RM / Nama Dokter / Tgl. Periksa / Layanan (pribadi atau asuransi)

08156717076 / 08112638888
PIN BB 29E79134

Sumber: Humas RS Panto Waluyo (Azizah/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif