News
Senin, 11 Mei 2015 - 19:45 WIB

PENERIMAAN MAHASISWA BARU : Pendaftaran SBMPTN 2015 Telah Dibuka

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo SBMPTN (DokJIBI/Solopos)

Penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2015 telah dibuka.

Solopos.com, JAKARTA – Panitia penerimaan mahasiswa baru membuka proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 hari ini, Senin (11/5/2015).

Advertisement

Informasi pendaftaran secara lengkap dapat disimak di laman resmi SBMPTN 2015 yaituwww.sbmptn.or.id. Pendaftaran dibuka pada 11-29 Mei secara online di laman tersebut. Sementara itu, ujian tulis dan keterampilan dijadwalkan pada 9-11 Juni.

Seperti halnya SNMPTN, peserta SBMPTN 2015 dapat memilih tiga kelompok ujian, yaitu sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum) dan kelompok campuran. Peserta dapat memilih maksimal tiga program studi (prodi) dengan ketentuan tertentu.

Jika memilih tiga prodi saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek. Begitu juga dengan pilihan soshum. Namun, jika peserta memilih prodi saintek dan soshum, maka dia mengikuti kelompok ujian campuran.

Advertisement

Syarat pemilihan PTN juga sama dengan SNMPTN 2015. Jika hanya memilih satu prodi, maka bisa memilih prodi tersebut di universitas negeri mana pun. Tetapi jika memilih dua atau tiga prodi, maka satu PTN pilihan tersebut harus berada di wilayah ujian masing-masing pendaftar.

Peserta SBMPTN 2015 adalah siswa lulusan 2013 dan 2014 yang dibuktikan dengan ijazah. Sedangkan lulusan 2015 boleh mengikuti SBMPTN dengan syarat memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA akan diumumkan tanggal 15 Mei mendatang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif