Soloraya
Senin, 11 Mei 2015 - 22:05 WIB

INFO SOLO : Inilah Layanan Gratis RS Panti Waluyo…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas perawatan medis di RS Panti Waluyo (JIBI/Solopos/Dok.)

Info Solo kali ini terkait dengan aneka layanan sosial RS Panti Waluyo.

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit (RS) Panti Waluyo rutin melaksanakan sejumlah aktivitas sosial untuk masyarakat yang membutuhkan. Rangkaian layanan sosial rumah sakit yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani 1 Solo, Jawa Tengah itu dikemas dalam Usaha Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM).

Advertisement

Kegiatan sosial tersebut dimaksudkan RS Panti Waluyo untuk peningkatan kesehatan masyarakat, utamanya warga sekitar. Berikut ini wujud UPKM yang dilaksanakan secara gratis oleh RS Panti Waluyo sebagai bentuk kepedulian sosial mereka:

Operasi Bibir Sumbing
Salah satu UPKM di RS. Panti Waluyo adalah operasi bibir sumbing gratis bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan tanpa persyaratan apapun. Asalkan secara medis memang memungkinkan untuk dioperasi, pasien cukup menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), maka operasi bibir sumbing bagi warga tak mampu dilaksanakan saat kegiatan itu dijadwalkan. Pasien yang berusia di bawah usia 17 tahun dan belum memiliki KTP dapat mendaftarkan diri dengan KTP orang tua, plus menyertakan akta kelahiran.

Senam Sentul
Bentuk UPKM yang dicanangkan RS. Panti Waluyo berikutnya adalah senam sendi dan tulang (sentul). Senam yang berfokus pada peregangan sendi dan tulang tersebut diadakan rutin setiap hari Selasa dan Jumat pagi. Senam ini biasanya diikuti oleh orang-orang berusia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan orang-orang yang masih berusia muda mengikuti senam ini demi menjaga kesehatan sendi dan tulang mereka.

Advertisement

Layanan Kesehatan Gratis bagi Warga Sekitar
Selain memberikan pelayanan sosial bagi masyarakat tanpa batas wilayah, RS. Panti Waluyo secara khusus juga memberikan perhatian kepada warga yang tinggal di sekitar rumah sakit. Pelayanan sosial itu berbentuk penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan saat rapat rutin bersama warga RT 004/RW 14, Kerten, Surakarta. Pihak RS. Panti Waluyo menggelar rapat bersama warga sekitar setiap tiga bulan sekali. ”Hal itu dalam rangka menyatukan diri dengan masyarakat setempat,” ungkap Tri Arsanto selaku anggota staf kehumasan RS. Panti Waluyo saat ditemui solopos.com, Selasa (28/4/2015), di lobi RS. Panti Waluyo. (Azizah/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Info Solo RS Panti Waluyo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif