News
Minggu, 10 Mei 2015 - 00:05 WIB

PASAR JOHAR TERBAKAR : Api Belum Padam, Kerugian Ditaksir Ratusan Miliar Rupiah

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Johar, pasar tradisional terbesar di Kota Semarang, Sabtu (9/5/2015) sekitar pukul 21.00 WIB, terbakar. Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan miliar rupiah. (Insetyonoto/JIBI/Solopos/dok)

Pasar Johar terbakar dan diperkirakan menelan kerugian yang luar biasa besar bagi para pedagang.

Solopos.com, SEMARANG — Pasar tradisional terbesar di Semarang, Pasar Johar, terbakar malam ini, Sabtu (9/5/2015) malam, dan api masih terus melalap bangunan tersebut. Kerugian sementara ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah.

Advertisement

Kebakaran mulai muncul sekitar pukul 20.15 WIB. Salah satu pedagang celana, Ali, mengaku kaget mendengar informasi kebakaran Pasar Johar pada Sabtu malam. Menurutnya, kebakaran berawal dari kios pakaian. “Saya tidak tahu persisnya di titik mana,” ujarnya kepada Bisnis/JIBI, Sabtu malam.

Ali menuturkan barang dagangan yang ada di dalam pasar cukup banyak mengingat satu bulan lagi puasa. Nilai kerugian yang dia derita mencapai puluhan juta rupiah. Hingga berita ini dibuat, belum diketahui apa penyebab dari kebakaran tersebut.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri menuturkan kebakaran pasar tradisional dalam empat bulan terakhir semakin mengkhawatirkan.

Advertisement

Menurut data DPP Ikappi dalam rentang Januari 2015 hingga April lalu telah terjadi lebih dari 50 kebakaran pasar tradisional besar dan 90 pasar kecil di seluruh Indonesia. “Penyebab kebakaran Pasar Johar harus diketahui pasti,” ujarnya.

Bila merujuk pada data tersebut, ujar Abdullah, dapat disimpulkan bahwa setiap hari ada pasar tradisional yang terbakar.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif