Otomotif
Sabtu, 9 Mei 2015 - 07:10 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Audi Bikin Mesin 2.000 cc Tetap Irit Seperti 1.000 cc

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Audi A4. (Caranddriver.com)

Inovasi otomotif mesin 2.000 cc yang hemat bahan bakar seperti mesin 1.000 cc diciptakan oleh Audi.

Solopos.com, SOLO – Audi telah menyelesaikan inovasi otomotif  berupa mesin TFSI 2.000 cc. Mesin itu diklaim paling efisien di kelasnya karena irit bahan bakar setara mesin 1.000 cc.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoevolution, Kamis (7/5/2015), mesin yang diperkenalkan Audi di Vienna Motor Symposium itu adalah mesin baru TFSI 2.000 cc turbocharged empat silinder. Mesin itu nantinya akan dipasangkan pada seri sedan Audi A4 yang meluncur akhir 2015.

Meski berkapasitas 2.000 cc, Kepala Bagian Riset Powertrain Audi, Stefan Knirsch, mengklaim mesin itu dapat membawa mobil melaju sejauh 20 km dengan seliter bensin. Angka itu tentu hampir setara dengan konsumsi bahan bakar mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia yang bermesin 1.000 cc.

Meski konsumsi bahan bakarnya irit, Audi tetap menghadirkan performa yang mumpuni dengan torsi mencapai 320 Nm pada putaran mesin 1.450 rpm. Untuk mendapat akselerasi yang “galak”, Stefan menjelaskan pengemudi Audi A4 tak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam.

Advertisement

Stefan menambahkan inovasi otomotif itu dilakukan Audi setelah menetapkan filosofi baru. Audi mengembangkan mesin empat silinder itu dengan porsi yang pas tanpa mengorbankan tenaga. Hal itu mirip dengan Skyactive pada Mazda dan Blue Core pada Yamaha.

Jika dibandingkan dengan mesin tiga silinder Audi sebelumnya, Stefan mengakui mesin itu lebih bertenaga apalagi jika ditambah turbocharged. Namun konsumsi bahan bakar mesin lawas itu lebih boros karena memerlukan putaran mesin lebih tinggi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif