News
Jumat, 8 Mei 2015 - 06:30 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : UN SMP/MTs Susulan akan Digelar di SMPN 10 Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional SMP (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Ujian nasional 2015 untuk SMP/MTs rampung hari ini. Ujian susulan akan diadakan di SMPN 10 Solo.

Solopos.com, SOLO – Tingkat kehadiran siswa dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer atau computer based test (CBT) di SMP Negeri (SMPN) 1 dan SMPN 4 Solo, Senin-Kamis (4-7/5/2015), mencapai 100%.

Advertisement

Oleh sebab itu, panitia UN 2015 Kota Solo memastikan tidak akan menggelar ujian susulan untuk jenjang SMP/MTs.

UN susulan hanya akan diselenggarakan bagi peserta UN berbasis kertas atau paper based test (PBT) yang dijadwalkan Senin-Rabu (11-13/5/2015) dan Kamis (15/5/2015).

“Alhamdulilah untuk peserta di dua SMP pelaksana UN komputer selama ujian dilangsungkan tingkat kehadirannya mencapai 100 persen sehingga tidak ada yang harus mengikuti UN susulan,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Bambang Wahyono, ketika dimintai konfirmasi, Kamis (7/5/2015).

Advertisement

Bambang yang juga selaku Koordinator UN SMP tersebut menjelaskan, UN susulan bagi peserta ujian PBT menurut rencana digelar di SMPN 10 Solo dengan menggunakan satu ruang ujian.

Bambang menjelaskan, peserta mengikuti ujian susulan sesuai mata pelajaran yang tidak diikuti saat UN utama. “Rata-rata satu hari UN susulan tersebut akan diikuti sekitar 7 peserta, ya tergantung mata pelajaran yang tidak diikuti saat UN utama,”  kata dia.

Sementara itu, hari keempat pelaksanaan UN yang mengujikan mata pelajaran IPA, kemarin, tercatat ada 10 peserta tidak hadir dengan rincian 6 siswa sakit, 1 siswa tanpa keterangan, dan 3 siswa mengundurkan diri.

Advertisement

Terpisah, Kepala SMPN 1 Solo, Hariyadi Giarso, mengungkapkan, pelaksanaan UN CBT di SMPN 1 secara keseluruhan berjalan lancar.

“Semua peserta bisa mengikuti ujian dengan baik, sementara proses sinkronisasi sudah berlangsung lancar, hanya butuh waktu sekitar 45 menit,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif