Soloraya
Jumat, 8 Mei 2015 - 01:30 WIB

PENEMUAN AMUNISI : Rumah Kosong di Wonogiri Ini Simpan 294 Amunisi Aktif

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Google/wired.com)

Penemuan amunisi aktif kali ini terjadi di sebuah rumah kosong di Bulukerto, Wonogiri.

Solopos.com, WONOGIRI — Seorang pekerja menemukan senjata api (senpi) rakitan dan ratusan amunisi saat membersihkan rumah orang di Dusun Dukuh, Desa Ngaglik, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, Kamis (7/5/2015).

Advertisement

Barang-barang itu ditemukan di sebuah almari milik almarhum Bambang Sugito, seorang pensiunan anggota Kodim Pacitan. Bambang sudah meninggal dunia dua tahun lalu dan sejak itu rumahnya di Bulukerto kosong. Sedikitnya, 294 butir peluru berbagai kaliber ditemukan di rumah itu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis, senpi rakitan dan ratusan amunisi yang masih aktif itu ditemukan oleh Slamet, 37, warga Desa Bulurejo RT 002/RW 003, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Slamet mulai membersihkan rumah kosong itu sekitar pukul 08.30 WIB.

Terkejut menemukan amunisi sebanyak itu, dia melaporkan hal itu ke Polsek Bulukerto. Menurut keterangannya kepada polisi, senpi rakitan dan ratusan amunisi aktif berbagai kaliber itu tersimpan di sebuah almari di dalam kamar.

Advertisement

Kapolsek Bulukerto, AKP Heru Budi, menjelaskan senpi rakitan dan ratusan amunisi sudah dikirim ke bagian Pengawasan Bahan Peledak (Washandak) Intelkam Polres Wonogiri. “Lemari [yang diberihkan] itu rencananya dipakai oleh salah satu famili almarhum Bambang dan diusung ke Purwantoro. Namun, Slamet dikejutkan dengan keberadaan senpi rakitan dan amunisi tersebut.”

Rumah itu sudah kosong sekitar 1,5 tahun semenjak ditinggal ke Mojokerto, Jatim. “Istri Bambang sudah meninggal terlebih dahulu sehingga Bambang pindah ke Mojokerto dan meninggal di [Mojokerto] sana. Kondisi rumah kosong. Tadi pagi, Slamet diminta oleh salah satu famili almarhum Bambang untuk membersihkan rumah, tetapi menemukan senpi rakitan dan pelurunya.”

Wakapolres Wonogiri, Kompol Muhammad Fachrudin, di ajang Pemeran Batu Mulia Nusantara, Gedung Giri Purna Bakti, Kompleks GOR Giri Mandala, Wonogiri, menyebutkan amunisi itu terbagi dalam berbagai jenis. Selain amunisi, senpi rakitan sudah rusak, lima magasin, dan sebuah holster magazine juga ditemukan di satu lokasi.

Advertisement

Lebih lanjut disebutkan oleh Wakapolres, ke-294 amunisi aktif itu terbagi atas amunisi jenis FN kaliber 9 mm sebanyak 170 butir, amunisi jenis FN kaliber 7,62 sejumlah 90 butir, dan amunisi jenis revolver kaliber 38 sebanyak 34 butir.

Juga ditemukan lima buah magazine, sebuah holster magazin, dan sebuah senjata api rakitan. “Kondisi senpi rakitan sudah rusak. Penemu dan anak pemilik rumah sudah dimintai keterangan. Polisi masih mendalami asal-usul barang-barang tersebut.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif