News
Jumat, 8 Mei 2015 - 20:45 WIB

KISAH UNIK : Lubang Misterius di Oregon Sedot Seluruh Air di Sekelilingnya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lost Lake di Oregon, Amerika Serikat (telegraph.co.uk)

Kisah unik menjadi buah bibir masyarakat Oregon, Amerika Serikat. Lubang misterius memunculkan kisah yang cukup menghebohkan.

Solopos.com, OREGON – Kisah misteri berkembang di Oregon, Amerika Serikat (AS). Salah satu danau yang dikenal dengan nama LostLake memunculkan kisah yang menyeramkan lantaran selalu menyedot air yang berada di sekelilingnya.

Advertisement

Dinsir News.com.au, Kamis (7/5/2015), Sebuah video merekam momentum aneh, ketika air Lost Lake di Amerika Serikat terhisap deras habis ke dalam lubang misterius berdiameter 2 meter. Seperti bak air yang sumbatnya dilepas. Sebagian dasar danau pun terlihat mengering.

Warga lokal di Oregon mengatakan, fenomena tersebut telah terjadi sejak lama. Para ilmuwan meyakini, penampakan spektakuler tersebut disebabkan oleh lava tube (tabung lava), terowongan di permukaan Bumi yang tercipta untuk mengeringkan lava selama peristiwa erupsi gunung berapi.

Dikutip Solopos.com dari Liputan6, Jumat, di akhir musim gugur, jumlah air di danau melebihi kemambuan lava tube tersebut untuk mengalirkan banyu. Pun saat musim dingin akibat hujan dan guyuran salju.

Advertisement

Kala musim hujan berakhir, danau sedalam 2,7 meter itu kehilangan sumber airnya. Dan air kemudian menghilang, masuk ke tabung lava. Lenyap. Siklus itu terjadi tiap tahun.

Warga di masa lalu telah mencoba untuk menutup lubang tersebut. Namun, niat itu surut saat diberi tahu, hal itu bisa menyebabkan pemukiman dan pusat bisnis setempat kebanjiran.

Lalu, ke mana air yang tersedot mengalir?
Diyakini, air terhisap ke Bumi, sebelum merembes kembali melalui mata air di daerah setempat. “Akhirnya air yang sama muncul dan itu ada di kopi pagi saya sekarang,” kata McHugh.

Advertisement

Lost Lakeberada di batuan vulkanik yang terbentuk 12.000 tahun lalu. Saat batuan muda itu terbentuk, ia terisi oleh gelembung gas, yang meninggalkan pori-pori saat gas tersebut menguap ke udara.

Advertisement
Kata Kunci : KISAH MISTERI Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif