Soloraya
Kamis, 7 Mei 2015 - 15:35 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : Wah, Guru SMPN 2 Karanganom Siapkan Hadiah Kambing bagi Peraih Nilai Tertinggi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ujian nasional 2015 tingkat SMP telah selesai dilaksanakan. Para guru di SMPN Karanganom, Klaten menyiapkan hadiah istimewa.

Solopos.com, KLATEN – Para guru di SMPN 2 Karanganom, Klaten menyiapkan hadiah bagi siswa peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi di sekolah tersebut. Salah satu hadiah yang ditawarkan yakni seekor kambing.

Advertisement

Ketua Panitia UN SMPN 2 Karanganom, Edi Widodo, mengatakan pemberian hadiah bagi siswa peraih nilai UN tertinggi itu dilakukan setiap tahun. Dana yang digunakan untuk membeli hadiah itu bersumber dari iuran para guru.
Dia mencontohkan hadiah yang sudah pernah diberikan yakni sepeda gunung, televisi, dan jam tangan.

“Setiap tahun hadiahnya bervariasi. Sebelum mengikuti UN, mereka kami beritahu akan ada hadiah yang diberikan ke siswa yang meraih nilai UN tinggi. Tetapi, kami tidak beritahukan hadiahnya berbentuk apa,” kata dia, Kamis (7/5/2015).

Pada 2015, sebanyak 198 siswa bersaing mendapatkan nilai tertinggi pada pelaksanaan UN yang berlangsung Senin-Kamis (4-7/5/2015). Para guru memberikan iming-iming berupa kambing dan sepeda gunung. Hadiah bakal diberikan kepada tiga besar peraih UN tertinggi di sekolah itu.

Advertisement

“Kami rencanakan untuk peraih nilai UN rangking pertama mendapatkan satu ekor kambing. Sementara, untuk rangking kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan sepeda gunung,” ungkapnya.

Pemilihan hadiah berupa kambing bertujuan sebagai tabungan bagi siswa berprestasi. “Harapannya, kambing itu bisa dipelihara sebagai tabungan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” katanya.

Edi mengatakan pemberian hadiah setiap UN digelar tersebut sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Hal itu dimaksudkan untuk memotivasi para siswa menghadapi UN. Dengan iming-iming berupa hadiah, para guru berharap semangat belajar siswa semakin meningkat hingga nilai UN yang didapatkan maksimal.

Advertisement

“Harapannya daya saing dan semangat belajar anak-anak itu meningkat. Ini juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan siswa pada PPDB [penerimaan peserta didik baru] tahun ajaran mendatang,” kata dia.

Salah satu peserta UN, Nina Hanifah, mengaku termotivasi untuk meningkatkan belajarnya agar mendapatkan hadiah berupa kambing. Ia optimistis bisa meraih nilai UN tertinggi. “Kalau mendapatkan kambing, biar orang tua saja yang memanfaatkan,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif