Otomotif
Kamis, 7 Mei 2015 - 12:25 WIB

TIPS OTOMOTIF : Pengin Racik Mobil Drift? Simak Tips Ini

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil drift. (Autoevolution.com)

Tips otomotif kali ini mengenai hal yang perlu diperhatikan saat meracik mobil untuk keperluan drift.

Solopos.com, JAKARTA – Meracik mobil untuk keperluan ngesot alias drift berbeda dengan meracik mobil untuk balapan pada umumnya. Mau tahu apa saja triknya? Simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Ajang balap mobil drift car makin populer belakangan ini, bahkan tak sedikit drifter –pengemudi mobil drift – yang rela menghabiskan jutaan uangnya untuk membangun mobilnya. Tapi ternyata tak semua drifter tahu tips otomotif yang pas, hal itu diungkapkan oleh Lucky selaku penyelenggara balap drift Achiles Motorsport Festival (AMF) 2015.

Seperti dilansir laman Metrotvnews.com, Rabu (6/5/2015), Lucky menjelaskan para drifter kerap menganggap tenaga mobil yang besar akan lebih baik. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar.

“Perlu diketahui, membangun mobil drift, tidak harus punya tenaga gede-gede amat. Apalagi sampai 500 daya kuda (hp) ke atas. Sebenarnya perlu juga disesuaikan dengan penggunaan kaki-kaki mobil yang tepat. Kemudian setup kaki-kaki, penggunaan roll bar buat mesin dan lain sebagainya,” beber dia.

Advertisement

Lucky mencontohkan sebuah mobil bertenaga mencapai 300 hp atau lebih. Kalau performa kaki-kaki mobilnya tidak sesuai dan tidak klop dengan performa mesin, kata dia, hal itu tentu membuat tenaga mesin terbuang percuma.

“Setup kaki-kaki ini juga berkaitan seberapa menggigit ban ke aspal. Kalau traksi roda terlalu rendah, artinya grip yang hilang besar, maka mobil bukannya nge-drift sesuai dengan kemauan sang drifter,” jelas Lucky.

“Salah-salah,drifter malah bisa kehilangan kendali dan tergelincir. Jadi grip harus diperhatikan, agar tenaga yang keluar tidak under power dan juga tidak over power,” imbuh Lucky.

Advertisement

Tips otomotif terakhir soal mobil drift terakhir yang diceritakan oleh Lucky adalah soal kenyamanan drifter dengan mobilnya. Artinya, drifter harus benar-benar nyaman dengan mobil yang ditunggangi. Sebab jika tidak, drifter akan sulit melakukan drifting dengan maksimal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif