Otomotif
Kamis, 7 Mei 2015 - 07:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Harga Kemahalan, YIMM Setop Jualan Moge Vmax

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha Vmax (Autonetmagz.com)

Sepeda motor Yamaha Vmax akhirnya diberhentikan pemasarannya di Indonesia karena harga yang terlalu tinggi.

Solopos.com, JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) resmi menyetop penjualan sepeda motor Yamaha Vmax. Penyebabnya adalah harga motor itu dinilai kemahalan dan tidak masuk akal bagi konsumen di Tanah Air.

Advertisement

Sepeda motor Yamaha Vmax adalah salah satu Max Series tipe cruiser yang didatangkan YIMM secara utuh (CBU). Tapi belakangan ini nama motor gede (moge) itu menghilang dari laman resmi YIMM dan digantikan oleh varian MT-09 serta WR250R.

Asisten General Manager YIMM, Mohammad Masykur, menyatakan tak akan lagi mendatangkan stok untuk Yamaha Vmax kecuali ada pesanan.

“Sebenarnya masih jual, tapi kami tidak datangkan lagi, kami hanya datangkan jika ada yang pesan saja,” ungkap Masykur sebagaimana dilansir laman Metrotvnews, Selasa (5/5/2015).

Advertisement

Kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) di Indonesia disebut Masykur sebagai alasan terkuat YIMM berhenti menjual Yamaha Vmax. Di Amerika Serikat (AS), Vmax dijual di kisaran Rp300 jutaan, namun setelah masuk Indonesia harganya melambung.

“Sewaktu pertama diluncurkan di Indonesia saja harganya sudah Rp500 juta, itu dengan PPnBM masih 75 persen dan kurs masih Rp10.000. Kalau sekarang harga sudah naik 50 persen karena PPnBM 125 persen, belum lagi kurs sudah Rp13 ribu,” beber Masykur.

Masykur menambahkan, jika ada konsumen yang ingin membeli moge Yamaha Vmax, maka harga yang harus ditebus adalah sekitar Rp800 jutaan alias hampir Rp1 miliar.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, saat ini moge berbobot 310 kg itu hanya tersisa satu unit dan itupun digunakan sebagai unit test drive yang tidak dijual. Motor itu adalah salah satu Max Series kawakan yang dibekali mesinV4 DOHC 1.679 cc.

Seperti diketahui, sepeada motor Yamaha Vmax beredar di Indonesia sejak 2013. Saat itu Vmax diluncurkan bersama produk CBU lainnya, yakni Yamaha R1, R6 dan Tmax. Karena tenaganya yang besar mencapai 197 hp dengan torsi 166,8 Nm, motor pesaing Honda Magna dan Suzuki Madura itu mendapat julukan The Widow Maker di AS.

Sepeda motor Yamaha, Yamaha Vmax, harga Yamaha Vmax

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif