Jatim
Rabu, 6 Mei 2015 - 08:05 WIB

TOL SOLO-KERTOSONO : Tol Jatim-Jateng Terwujud Akhir 2015 Ini...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Overpass tol Solo-Kertosono di Ngemplak Boyolali. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos/dok)

Tol Solo-Kertosono sebagai wujud realisasi jalan tol Jatim-Jateng dijadwalkan selesai 2017 mendatang, namun Solo-Ngawi sudah terhubung tol 2015 ini.

Madiunpos.com, SURABAYA — Pemerintah berupaya memberi dukungan konstruksi guna menarik minat investor untuk percepatan proyek jalan tol Solo-Kertosono sepanjang 177,12 km. Tol Jateng-Jatim itu yang ditenggat selesai pada 2017.

Advertisement

Proyek pembangunan jlan tol Solo-Kertosonodua sebagai penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur itu terbagi dalam dua proses pengerjaan. Kedua ruas jalan tol Jateng-Jatim tersebut adalah Solo-Ngawi yang progres pembangunan fisiknya sudah 80% dan Ngawi-Kertosono yang baru mencapai 40%.

Plt Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Djoko Murjanto menjelaskan tol Solo-Ngawi kemungkinan selesai akhir 2015. “Kalau Ngawi-Kertosono mungkin awal 2017,” katanya dalam pernyataan yang dilansir Setdaprov Jatim, Selasa (5/5/2015).

Overpass tol Solo-Kertosono di Ngemplak Boyolali. (JIBI/Solopos/Dok.)

Advertisement

Untuk seksi tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono, pemerintah akan memberi dukungan konstruksi agar menjadi layak secara finansial dan memikat investor. Pasalnya, kedua ruas jalan tol Jateng-Jatim itu adalah program untuk mencapai target pembangunan tol sepanjang 1.000 km hingga 2019.

Dukungan diwujudkan dalam bentuk pengadaan tanah pada seluruh seksi, serta konstruksi sepanjang 20,9 km untuk ruas Solo-Ngawi (seksi Colomadu-Karanganyar) dan sepanjang 37,5 km untuk ruas Ngawi-Kertosono (seksi Saradan-Kertosono).

Hingga saat ini, total pengadaan tanah pada ruas tol Solo-Ngawi telah mencapai 91,61% dan ditarget selesai tahun 2015 ini. Adapun, pengadaan tanah untuk ruas tol Ngawi-Kertosono baru mencapai 48,48% dan ditenggat selesai akhir 2016.

Advertisement

“Sehingga secara keseluruhan pembangunannya diharapkan selesai pada 2017. Groundbreaking jalan tol ruas Solo-Ngawi sendiri telah dilakukan pada 26 September 2013,” sebut Djoko.

 

BACA BERITA LAIN TOL SOLO-KERTOSONO:
Tol Jatim-Jateng Rampung 2017, Trans Jawa 2018
Tol Jatim-Jateng Ringkas Solo-Ngawi-Kertosono 2,5 Jam…

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif