Otomotif
Rabu, 6 Mei 2015 - 08:10 WIB

TIPS OTOMOTIF : Jangan Asal Pilih Oli, Umur Mesin Jadi Taruhan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian oli mobil (Oilstaronline.com)

Tips otomotif kali ini membahas cara memilih oli yang tepat untuk mobil Anda.

Solopos.com, JAKARTA – Menjaga umur mesin mobil salah satunya dapat dilakukan dengan memilih oli atau pelumas yang tepat.  Oli yang tepat tidak hanya menjaga daya tahan mesin, melainkan juga menghemat konsumsi bahan bakar mobil.

Advertisement

Agar tak salah memilih, Ivan Restianto selaku Manajer Marketing Evalube, memberikan beberapa tips otomotif memilih oli:

“Pertama, pelumas harus disesuaikan dengan tahun keluaran produksi mobil,” kata Ivan sebagaimana dilansir laman Kantor Berita Antara, Sabtu (2/5/2015).

Ivan menjelaskan mobil produksi 2010 ke atas sebaiknya menggunakan oli yang encer dengan ukuran kekentalan 5W30. Sedangkan untuk mobil keluaran sebelum 2010, sebaiknya menggunakan oli lebih kental dengan ukuran 10W40 atau 20W50.

Advertisement

“Kedua, perhatikan teknologi mesin mobil Anda, kika mesinnya injeksi, gunakan oli yang sesuai, jika mesinnya VVT-i atau VTEC juga disesuikan, jangan asal,” imbuh Ivan.

Penggunaan oli yang tidak sesuai beresiko memperpendek usia mesin. Hal itu dikarenakan oli yang salah membuat ketahanan mesin selalu menurun akibat pergesekan yang menghasilkan panas tinggi dan lama-kelamaan akan rusak.

“Ketiga, pilihlah oli yang memberikan ketahan mesin bukan yang menjanjikan kecepatan karena jika ketahanan mesin tidak terjaga, maka akselerasi mobil pun akan jeblok,” beber Ivan.

Advertisement

Tips otomotif memilih oli yang terakhir, jangan telat mengganti oli karena pelumas yang terlalu lama digunakan tidak akan maksimal melindungi mesin kendaraan dari panas dan gesekan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif