Jateng
Rabu, 6 Mei 2015 - 07:50 WIB

TERMINAL PETI KEMAS : April, TPKS Bukukan Bongkar Muat Tertinggi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tanjung Emas Semarang (JIBI/Bisnis)

Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) membukukan volume bongkar muat tertinggi pada April tahun ini.  TPKS berhasil melakukan bongkar muat kontainer sebanyak 32.808 boks atau 54.263 teus. 

 

Advertisement

Kanalsemarang.com, KUDUS – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) membukukan volume bongkar muat tertinggi pada tahun ini tepatnya pada bulan April lalu, kata Manajer Operasional TPKS Edy Sulaksono.

“Bulan April memang menjadi bulan dengan capaian tertinggi apabila dibandingkan dengan capaian tiga bulan sebelumnya,” katanya di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (5/5/2015).

Sebagai operator terminal kontainer, TPKS berhasil melakukan bongkar muat kontainer sebanyak 32.808 boks atau 54.263 teus. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan capaian bulan Januari-Maret 2015 yang berturut-turut sebesar 52.308 teus, 47.759 teus, dan 51,397 teus.

Advertisement

Dari angka capaian April 2015 tersebut, terdiri atas komposisi bongkar muat peti kemas ekspor sebesar 37,7 persen, peti kemas impor sebanyak 60,4 persen, dan arus peti kemas dari perdagangan domestik dari maupun ke Semarang dan sekitarnya sebesar 1,9 persen.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, capaian pada bulan April tersebut memang menjadi yang tertinggi. Namun secara umum, high season biasa terjadi di sekitar bulan April dan Mei.

Sementara itu, kenaikan produksi bongkar muat peti kemas pada bulan April kemarin lebih dikarenakan adanya peningkatan dari nilai total impor komoditas kedelai.

Advertisement

Sementara itu, mengenai cuaca yang terjadi Asisten Manager Operasi Terminal Purwanto Wahyu mengatakan kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap aktivitas bongkar muat di TPKS.

“Pelayanan operasional 24 jam selama tujuh hari TPKS tetap bisa terjaga dan terkendali dengan baik, proses bongkar muat kontainer, penerimaan dan pengiriman barang berjalan lancar,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif