Teknologi
Rabu, 6 Mei 2015 - 16:45 WIB

INOVASI BARU : Intel Ciptakan Komputer Hemat Listrik

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Intel. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Inovasi terbaru diciptakan oleh Intel. Perusahaan AS tersebut mengembangkan komputer mini dengan daya listrik lebih rendah ketimbang komputer pada umumnya.

Solopos.com, SOLO – Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Intel, mengembangkan teknologi perangkat komputer berukuran mini yang hanya menggunakan sedikit daya listrik.

Advertisement

“Ini salah satu visi kami dalam berinovasi, harus memiliki banyak dampak selain nilai guna,” kata Manager Intel Indonesia Harry Nugraha ketika menggelar jumpa pers di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Walau berukuran hanya sebesar dua kepalan tangan orang dewasa, perangkat ini memiliki spesifikasi yang tinggi melebihi CPU kantoran pada umumnya.

Sebagaimana dilansir Antara, Selasa (5/5/2015), nama perangkat dari Intel tersebut adalah NCU, perangkat CPU modern dengan piranti berukuran serba mikro. Untuk memutar video dari NCU i5 dengan kualitas gambar dan suara terbaik (High Definition) perangkat komputer dengan CPU biasa akan membutuhkan sekitar 350 watt dengan Power Supply.

Advertisement

Namun, NCU mampu meredam daya hingga total pemakaian 9,5 watt untuk penggunaan kapasitas yang sama.

“9,5 watt itu setara dengan daya lampu rumahan, ini bisa membantu penghematan,” katanya.

Dengan munculnya inovasi dari Intel ini,diharapkan penggunaan energi semakin ramah lingkungan, karena pemakaian tetap sama namun energi sudah tereduksi.

Advertisement

“Selain hemat energi, keuntungan yang lain adalah hemat ruang karena ukurannya yang kecil,” kata Harry Nugraha.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif