Sport
Selasa, 5 Mei 2015 - 06:25 WIB

SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS : Ini Prediksi dan Line-Up Juventus vs Real Madrid

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semifinal Liga Champions bentrok antara Juventus vs Real Madrid bakal seru. Siapa yang akan menang?

Solopos.com, TURIN— Real Madrid memiliki ambisi besar meraup titel ke-11 Liga Champions alias Undecima sekaligus menjadi tim pertama yang mampu menjadi kampiun secara beruntun dalam sejarah turnamen terelite di Eropa itu.

Advertisement

Akan tetapi, harapan tim berjuluk Los Blancos itu sepertinya akan mendapatkan hambatan ketika bertamu ke markas Juventus untuk melakoni leg pertama babak semifinal di Juventus Stadium, Turin, Italia, Rabu (6/5/2015) pukul 01.45 WIB.

Madrid susah payah menyingkirkan salah satu tim dengan pertahanan solid, Atletico Madrid, pada babak perempat final lalu. Cristiano Ronaldo dkk. yang dikenal eksplosif di lini depan hanya bisa menundukkan rival sekotanya itu dengan unggul  tipis agregat 1-0 dalam dua leg dengan tempo tiga jam.

Advertisement

Madrid susah payah menyingkirkan salah satu tim dengan pertahanan solid, Atletico Madrid, pada babak perempat final lalu. Cristiano Ronaldo dkk. yang dikenal eksplosif di lini depan hanya bisa menundukkan rival sekotanya itu dengan unggul  tipis agregat 1-0 dalam dua leg dengan tempo tiga jam.

Lolos dari perempat final, rupanya Madrid bertemu tim yang lebih solid di lini belakang pada semifinal ini. Juventus yang baru saja mengklaim Scudetto keempat secara beruntun, akhir pekan lalu, baru kebobolan 19 gol dalam 34 laga di Seri-A musim ini.

Tembok Bianconeri, julukan Juventus, di Liga Champions tak kalah solid. Tim polesan Massimiliano Allegri ini baru kebobolan lima gol dan mencatat enam clean sheet dalam 10 pertandingan. Dengan bermaterikan kiper Gianluigi Buffon, dan trio bek sentral Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Leonardo Bonucci,  Juve membangun benteng pertahanan yang sulit ditembus tim-tim lawan.

Advertisement

Madrid juga pantas waspada karena memiliki catatan kurang oke melawan tim-tim Italia. Seperti dilansir Marca, Los Blancos  hanya meraup 14 kemenangan, lima kali imbang, dan menelan 11 kekalahan dalam 30 laga melawan tim asal Negeri Pizza. Artinya, tim asal Ibu Kota Spanyol ini hanya meraup 46% kemenangan di hadapan tim-tim Italia.

Meski demikian, Madrid memiliki pelatih Carlo Ancelotti yang bisa menjadi kartu AS untuk meruntuhkan tembok Si Nyonya Tua, julukan Juve. Allenatore berusia 55 tahun itu tentu memahami betul cara menjinakkan strategi attacante alias pertahanan gerendel tim-tim Italia, mengingat dirinya berasal dari Negeri Pizza. Apalagi, Ancelotti memiliki pengalaman membesut Bianconeri, julukan Juve, pada 1999-2000.

“Kami memiliki persiapan dengan baik. Kami punya seorang pelatih asal Italia yang sangat familiar dengan Juventus dan saya pikir itu akan membimbing kami dengan baik. Mereka dikenal dengan pertahanan baik dan membuat transisi dengan cepat, namun kami akan beradaptasi dengan itu dan semoga kami bisa menembus babak final,” ujar gelandang Los Blancos, Toni Kroos, seperti dilansir Marca.

Advertisement

Bagaimana cara Madrid untuk meruntuhkan tembok tim asal Turin ini? Mesin gol Madrid, Cristiano Ronaldo, tentu akan menjadi andalan utama setelah mencetak hat-trick ke-25 dalam kariernya di Liga Primera, ketika membawa timnya menang 3-2 atas Sevilla, akhir pekan lalu.

Namun, salah satu anggota trisula BBC, Karim Benzema dipastikan tidak dibawa melawat ke Turin meski sempat bergabung ke latihan tim setelah dibekap cedera lutut. Posisi Benzema kemungkinan akan kembali diserahkan kepada Javier Hernandez.  Madrid juga dipastikan tidak akan diperkuat gelandang serbabisa Luka Modric karena masalah lutut. Absennya sejumlah pilar Madrid itu akan dimanfaatkan Juve untuk menundukkan sang juara bertahan.

“Apa yang harus Juve lakukan? Banyak hal. Mereka skuat yang luar biasa dengan teknik dan ketenangan besar. Kami harus tampil dengan performa hebat,” jelas Pelatih Juve, Massimiliano Allegrini, dilansir Football Italia. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Juventus Vs Real Madrid
– Live SCTV, Rabu (6/4) Pukul 01.45 WIB
– Stadion: Juventus Stadium (Turin, Italia)
– Wasit:  Martin Atkinson (Inggris)
 
Juventus (4-3-1-2)
Pelatih : Massimilano Allegri (Italia)
Pemain: Buffon, Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Evra, Marchisio, Pirlo, Vidal
Pereyra, Morata, Tevez
– Cadangan: Padoin, Sturaro, Llorente, Chiellini, Storari, Matri, Marrone
 
Real Madrid (4-3-3)
Pelatih : Carlo Ancelotti (Italia)
Pemain: Casillas, Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo, James Rodriguez, Kroos, Isco, Bale, Hernandez, Ronaldo
– Cadangan: Pepe, Illarramendi, Arbeloa, Coentrao, Navas, Nacho, Jese
 
Tiga Pertemuan Terakhir
– 6 November 2013            Liga Champions Juventus              2 – 2       Real Madrid       
– 24 Oktober 2013               Liga Champions Real Madrid        2 – 1       Juventus             
– 6 November 2008            Liga Champions Real Madrid        0 – 2       Juventus
 
Sumber: footyroom.com/soccerway.com. (hkt/JIBI)

Advertisement

Juventus akan menjamu Real Madrid di leg pertama Semifinal Liga Champions. Ist/vavel.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif