Lifestyle
Senin, 4 Mei 2015 - 19:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ini Dia, 12 Makanan Pembakar Lemak...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan mengurangi kolesterol (healthmeup.com)

Tips hidup sehat kali ini terkait dengan upaya peluruhan lemak yang efektif. Mau tahu?

Solopos.com, SOLO — Tubuh yang berlemak bukanlah dambaan. Makanan biasanya dikambinghitamkan sebagai penyebab utama tubuh berlemak sehingga kegemukan. Namun, beberapa makanan yang dipaparkan dalam tips hidup sehat ini justru berkhasiat membakar lemak.

Advertisement

Ke-12 makanan yang dikutip Solopos.com dari tips hidup sehat yang dimuat laman Newszoom.com, Senin (5/4/2015), itu diklaim mampu mempersempit pinggang karena cenderung membakar lemak tubuh. Karena itu, pastikan bahan makanan itu tercantum dalam menu Anda dengan menambahkannya ke daftar belanja selanjutnya.

Buah Jeruk
Vitamin C membantu meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar lemak. Makan setengah jeruk untuk sarapan atau sekitar 30 menit sebelum makan akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Advertisement

Buah Jeruk
Vitamin C membantu meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar lemak. Makan setengah jeruk untuk sarapan atau sekitar 30 menit sebelum makan akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Lada Hitam
Piperin adalah zat penting dalam lada hitam yang membantu mengurangi pembentukan sel-sel lemak dalam tubuh Anda. Lada hitam juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh manusia.

Kayu Manis
Kayu manis dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Menambahkan kayu manis pada teh, kopi, dan yoghurt adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan khasiatnya.

Advertisement

Apel
Buah-buahan adalah teman Anda untuk menurunkan berat badan. Mereka menawarkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya. Keistimewaan buah adalah bahwa hal itu akan memuaskan lidah Anda dan tidak membahayakan tubuh, termasuk apel. Jumlah serat dan air dalam apel akan membantu Anda merasa kenyang. Sebaiknya, makanlah apel beserta kulitnya.

Teh Hijau
Pentingnya teh hijau dalam membakar lemak tubuh terbukti dengan adanya kandungan katekin fitokimia. Katekin fitokimia yang ditemukan dalam teh hijau mampu mempercepat metabolisme tubuh. Lebih baik mengonsumsi teh hijau panas karena akan menambah kenikmatan dan meningkatkan manfaat. Menambahkan madu dan lemon pada seduhan teh hijau bukan hanya akan menambah faktor kesehatan, tetapi akan membuat teh sangat lezat.

Blueberry
Jika Anda pernah memakan kue mufin dan pancake yang dipadu dengan blueberry, maka Anda sudah melakukan hal yang salah. Bukan hanya karena blueberry yang tinggi serat menjadi larut dalam adonan kue itu, tetapi antioksidan serta rasa yang lezat pun lenyap. Padahal setengah cangkir blueberry sejatinya hanya mengandung 40 kalori. Untuk mencoba sesuatu yang berbeda, cobalah menambahkan blueberry pada salad atau smoothie.

Advertisement

Kacang Almond
Kacang pada umumnya akan membantu Anda dalam usaha menurunkan lemak tubuh, termasuk almond yang biasa diolah sebagagai makanan ringan. Almond kaya akan protein, serat, dan lemak nabati. Satu porsi almond—sekitar 23 butir—akan membantu Anda tetap kenyang. Satu porsi almond dapat dibawa kemana pun Anda pergi sehingga tidak perlu repot untuk mengonsumsinya di sela-sela aktivitas.

Cabai
Anda akan merasa panas setelah makan beberapa cabai. Maklum saja cabai mengandung capsaicin, bahan yang oleh sebagian kalangan dikenal sebagai bahan makanan yang menekan nafsu makan. Tetapi, tentu berkebalikan hasil akhirnya jika teori orang Barat itu diterapkan kepada para penggemar pedas di Indonesia.

Kopi
Minuman yang paling dicintai di dunia ini mengandung kafein yang juga mampu mempercepat metabolisme tubuh. Tetapi harus diingat, teori itu hanya berlaku jika kopi dikonsumsi tanpa gula apa lagi krim. Perlu diketahui juga bahwa terlalu banyak kafein dapat memiliki efek yang sangat berbahaya terhadap tubuh. Batasi asupan kafein Anda dengan meminum 1-3 cangkir kopi saja sehari.

Advertisement

Beras Quinoa
Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang karbohidrat adalah bahwa mereka memicu bertambahnya berat badan Anda. Tidak semua karbohidrat bersifat demikian, beras quinoa yang tinggi serat dan protein misalnya, akan membuat Anda merasa cepat kenyang bahkan meskipun dengan porsi terbatas. Tidak seperti biji-bijian lain, Quinoa memiliki indeks glikemik rendah. Bahan ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda secara drastis.

Sayuran
Jika Anda berpikir Anda akan meluruhkan lemak tanpa sayuran, Anda salah. Sayuran yang dikemas dengan nutrisi yang luar biasa dan serat untuk membuat Anda kenyang. Anda disarankan setidaknya makan 2-3 porsi sayuran setiap hari. Bagi mereka yang berpaling dari sayuran, mungkin Anda akan menemukan manfaatnya dengan memadukan mereka ke dalam smoothie. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif