Teknologi
Senin, 4 Mei 2015 - 05:15 WIB

HASIL PENELITIAN : Candi Kalasan Jogja Alami Pelapukan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Candi Kalasan (Wikipedia)

Hasil penelitian dari BPCB Yogyakarta menyebutkan Candi Kalasan telah mengalami pelapukan.

Solopos.com, SOLO – Batu Candi Kalasan di Yogyakarta mengalami pelapukan. Hal itu terungkap setelah Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta melakukan studi teknis terhadap Candi Kalasan sejak sebulan lalu.

Advertisement

“Bebatuan Candi Kalasan mengalami pelapukan dan keretakan pada dindingnya. Kami lakukan studi teknis agar pelapukan dan keretakan batu bisa segera dihentikan,” kata Kepala BPCB Yogyakarta Tri Hartono, Minggu (3/5/2015).

Pelapukan batu Candi Kalasan sudah berlangsung cukup lama, dan selama ini berbagai upaya menghentikannya belum berhasil.

“Kami akan mengintensifkan observasi terhadap pelapukan batu tersebut. Selain itu pula, keretakan pada dindingnya. Melalui kajian komprehensif ini dapat diperoleh cara menghentikan pelapukan batu, serta dapat melestarikan bangunan dengan relief yang paling indah masa klasik,” katanya sebagaimana dilansir Antara.com.

Advertisement

Tri Hartono mengemukakan, pihaknya melakukan pengumpulan data dengan penggalian dan pembukaan struktur bangunan Candi Kalasan. Aktivitas dalam melakukan studi teknis ini tidak akan mengganggu wisatawan yang datang ke bangunan cagar budaya tersebut.

“Malah dapat menjadi salah satu objek yang menarik bagi pengunjung, mereka juga bisa melihat langsung upaya pelestarian,” katanya.

Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta Wahyu Astuti mengatakan, dalam studi teknis yang dilakukan, Candi Kalasan tak berbeda jauh dengan Candi Perwara, yaitu bangunannya masih tertimbun di dalam tanah.

Advertisement

“Struktur bangunan lantai Candi Kalasan masih satu meter di dalam tanah. Untuk itu, diperlukan adanya penggalian agar bisa terlihat secara utuh candi tersebut,” katanya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif