Soloraya
Minggu, 3 Mei 2015 - 04:10 WIB

PENDIDIKAN KLATEN : Perbedaan Pendapatan Guru TK dengan PNS Memprihatinkan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi guru taman kanak-kanak (TK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pendidikan Klaten diwarnai dengan kondisi memprihatinkan kala mengetahui perbedaan pendapatan di antara guru TK.

Solopos.com, KLATEN — Perbedaan pendapatan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan guru wiyata bhakti (WB) di Klaten sangat memprihatinkan. Gaji mereka sangat timpang dibandingkan dengan gaji guru berstatus pegawai negeri sipil.

Advertisement

Hal ini menjadi salah satu ganjalan dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Bersinar. Hal itu dijelaskan Wakil Rektor II Universitas Widya Dharma Klaten, Tukiyo, saat ditemui wartawan di Klaten, Sabtu (2/5/2015). Munculnya kesenjangan pendapatan tersebut harus dipikirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

“Kasus kesenjangan itu tak hanya terjadi di Klaten, hampir di semua daerah. Bayangkan saja, pendapatan guru TK atau guru WB hanya Rp200.000 per bulan. Sedangkan, guru PNS sudah senilai jutaan rupiah. Ini harus dipikirkan dan harus ada uluran tangan dari pemerintah. Agar tak ada kesan diskriminasi yang kentara,” katanya.

Tukiyo mengatakan kemajuan bidang pendidikan di suatu daerah salah satunya tergantung kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik. Untuk itu, kesejahteraan pendidik perlu dipikirkan lebih lanjut.

Advertisement

“Di Klaten ini tenaga pendidiknya tak hanya PNS. Banyak juga yang WB. Ini masalah yang belum terselesaikan,” katanya.

Terpisah, salah satu guru Taman Bermain (TB) di Klaten, Asti, mengakui gaji bulanan yang diterima masih jauh dari Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang senilai Rp1.170.000-an. Kendati seperti itu, dirinya tetap bertahan sebagai pengajar TB.

“Gajinya memang sedikit. Bahkan, ada yang gajinya Rp100.000-an. Dengan gaji seperti itu, otomatis tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terkadang, harus diakali dengan mencari sumber pendapatan lain,” katanya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif