Otomotif
Minggu, 3 Mei 2015 - 17:10 WIB

KOMPARASI MOBIL : Perang Hatchback Yaris Vs Jazz Vs Mazda2, Siapa Jawara?

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil Hatchback Toyota Yaris, Honda Jazz dan Mazda2. (Indonesiautosblog)

Komparasai mobil menghadirkan persaingan tiga mobil hatchback Yaris vs Jazz vs Mazda2.

Solopos.com, SOLO – Mobil jenis hatchback jadi salah satu model terlaris di bursa mobil Tanah Air. Mengintip komparasi mobil Toyota Yaris vs Honda Jazz vs Mazda2, siapa jadi jawara di segmen itu?

Advertisement

Berdasarkan data penjualan milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil hatchback terlaris sepanjang 2015 berturut-turut adalah All New Yaris, New Jazz 2014 dan Mazda2. Secara spesifikasi, tiga mobil itu sebenarnya tak berbeda jauh,namun tetap saja masing-masing produk memiliki kelebihan yang khas.

Dikutip Solopos.com dari laman Indonesiautosblog, Jumat (1/5/2015), berikut hasil komparasi mobil antara Yaris vs Jazz vs Mazda2 dari berbagai aspek:

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Indonesiautosblog, Jumat (1/5/2015), berikut hasil komparasi mobil antara Yaris vs Jazz vs Mazda2 dari berbagai aspek:

Kenyamanan
Tampilan interior Honda Jazz terbaru tampak lebih segar dan elegan berkat sentuhan khas di beberapa bagian. Sejak seri pertamanya, Jazz memang memiliki keunggulan dalam hal kenyamanan di beberapa sisi. Hal itu membuat Toyota Yaris dan Mazda2 harus mengakui kelebihan Jazz di aspek kenyamanan.

Adanya sisi legroom dan headroom membuat kenyamanan Honda Jazz lebih maksimal. Hal itulah yang tidak terdapat pada Mazda2 dan Toyota Yaris, sebab dimensi keduanya lebih sempit. Mazda2 memiliki kenyamanan terendah karena kabinnya paling sempit dari Jazz maupun Yaris.

Advertisement

Di belakang Mazda2, ada Honda Jazz yang tak kalah menyenangkan berkat penggunaan transmisi CVT. Sedangkan pemilik skor terendah di aspek ini adalah Toyota Yaris karena sisi visibility yang kurang dari dua rivalnya.

Performa dan Konsumsi Bahan Bakar
Dalam hal performa, hampir tidak ada yang perbedaan signifikan dari tiga hatchback itu. Ketiganya menggunakan mesin yang serupa, yakni berkapasitas 1,5 liter. Perbedaan baru terlihat saat mencermati tenaga dan konsumsi bensin masing-masing.

Honda Jazz diklaim menghasilkan tenaga 120 hp. Lebih unggul dari Mazda2 yang bertenaga 115 hp dan Toyota Yaris yang bertenaga 109 hp.

Advertisement

Dalam hal keiritan bensin, Mazda2 unggul jauh berkat teknologi Skyactive yang menghasilkan rasio 18,5 km/liter. Sedangkan Jazz hanya mencapai 17,2 km/liter dan Yaris harus puas dengan konsumsi 17,0 km/liter.

Desain
Aspek desain sebenarnya tergantung selera masing-masing konsumen. Namun, jika dibandingkan dengan desain versi sebelumnya, perubahan Toyota Yaris yang paling signifikan. Hal itu tampak dari grille baru dan sederet perubahan yang membuat Yaris terbaru benar-benar berbeda dari versi sebelumnya.

Sementara Honda Jazz dan Mazda2 tidak memiliki perubahan sebanyak Yaris. Dalam hal ini Jazz harus berada di peringkat terbawah karena grille miliknya sama persis dengan CR-V yang membuatnya jauh dari kesan baru.

Advertisement

Sementara itu Mazda2 memiliki keunggulan di bagian tampilan interior yang membuatnya lebih menarik ketimbang Jazz.

Fitur
Melihat fitur-fiturnya, Honda Jazz tidak lebih unggul dari Toyota Yaris dan Mazda2. Hatchback besutan Honda itu hanya memiliki fitur baru berupa tombol Start/Stop yang belum cukup untuk menyaingi dua kompetitornya.

Sementara itu Mazda2 tampak lebih canggih berkat Head up Display, auto wiper, voice command, MZD connect, I-Activesense dan beberapa fitur otomatis lain yang tidak dimiliki Yaris maupun Jazz.

Di posisi kedua ada Yaris yang dibekali beberapa fitur canggih seperti air gesture dan auto-light pada varian Yaris Sportivo.

Harga
Harga jual tiga varian hatchback itu dapat dibilang hampir seimbang karena selisihnya tak terlampau jauh. Hatchback termurah adalah All New Honda Jazz 2014 yang dibanderol Rp252,5 juta.

Sedangkan All New Yaris TRD Sportivo R dijual seharga Rp265,2 juta dan All New Mazda2 GT di kisaran Rp276 juta. Jadi yang hatchback mana yang menjadi pilihan Anda?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif