Otomotif
Sabtu, 2 Mei 2015 - 10:30 WIB

RECALL MOBIL : Pengunci Pintu Rusak, 389.585 Unit Mobil Ford Ditarik

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ford Fiesta. (Usatoday.com)

Recall mobil kali ini menimpa produk Ford yang mengalami kerusakan pada sektor pengunci pintu.

Solopos.com, NEW YORK – Penarikan secara besar-besaran (recall) mobil dilakukan oleh Ford terhadap 389.585 unit mobil produksinya. Masalahnya adalah pengunci pintu yang tak terpasang sempurna dan berpotensi membahayakan.

Advertisement

Seperti dilansir laman Usatoday, Rabu (29/4/2015), Ford menarik 389.585 unit produk terbaru termasuk Ford Fiesta hatchback, Lincoln MKZ sedan dan Fusion sedan. Mobil-mobil itu terkena recall karena pengunci pintu rusak bahkan pintu dapat copot jika mobil dipacu kencang.

Berdasarkan keterangan resmi dari Ford Amerika Serikat (AS), masalah tersebut menimpa mobil yang dirakit di pabrik Ford Meksiko.

Disebutkan pula kerusakan terjadi pada komponen kenop pintu pawn spring-tab.

Advertisement

Sebelum melakukan recall, Ford sempat menerima 207 keluhan dari pelanggan tentang masalah pada pintu mobil itu.

Meski tak ada korban jiwa, otoritas keselamatan berkendara AS (NHTSA) menyebutkan sebanyak 65 dari 207 laporan itu tertulis bahwa engsel pintu mobil juga terlepas dan terbang saat mobil melaju.

Sebelumnya, Ford juga sempat melakukan recall mobil pada akhir 2014 lalu. Sebanyak 850.000 unit mobil Ford di Amerika Utara ditarik lantaran terjadi masalah pada airbag yang tak mau mengembang.

Advertisement

Kepala teknisi Ford menyebut kerusakan itu disebabkan karena terjadi konsleting pada panel elektronik sensor benturan. Akibat masalah tersebut, airbag pada Ford C-Max, Fusion, Escape, dan Lincoln MKZ gagal mengembang saat terjadi tabrakan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif