Lifestyle
Jumat, 1 Mei 2015 - 14:10 WIB

TIPS KARIER : “Times New Roman” Ternyata Tak Cocok untuk Surat Lamaran Kerja

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

Tips karier kali ini akan membahas penggunaan font untuk surat lamaran pekerjaan.

Solopos.com, SOLO – Font atau jenis huruf ternyata berpengaruh terhadap pembaca. Tak terkecuali pihak perusahaan yang menetapkan standar khusus untuk menerima surat lamaran.

Advertisement

Dilansir Bloomberg, Kamis (30/4/2015), ahli font, Martina Flor, mengungkap sejumlah karakter huruf saat mengetik lamaran. Dia mengungkap, sebagian besar akan menggunakan Times New Roman.

Namun, menurut Martina, penggunaan font yang umum dipakai ini justru merugikan. Jenis huruf klasik  ini menurut Martina tidak tepat digunakan untuk mengetik lamaran pekerjaan.

“Aku sebenarnya tidak bermasalah dengan Times New Roman. Itu sering digunakan dan disalah gunakan. Itu memberi kesan bahwa Anda tidak mau berpikir untuk memilih jenis huruf. Itu seperti mengenakan celana olahraga,” ujar Martina.

Advertisement

Times New Roman memang sederhana dan terlihat formal. Wajar jika banyak pelamar menganggap font tersebut merupakan jenis huruf yang tepat untuk ditaruh di surat lamaran. Terlebih banyak guru dan dosen yang memerintahkan muridnya untuk menggunakan huruf tersebut pada lembar tugas.

Namun pendapat Martina ini didukung oleh beberapa pihak salah satunya blog perekrutan Creative Group. Dikutip dari Detik, blog tersebut mengatakan jika Times New Roman tampak membosankan karena terlalu banyak yang menggunakan.

Selain Times New Roman, Calibri, Helvana, Verdana, serta Helvetica juga disarankan untuk ditinggalkan. Calibri sebaiknya dihindari pelamar karena membuat CV terlihat berlebihan, terlebih jika Anda melamar sebagai desainer atau pekerjaan seni lainnya. Helvana memang memiliki desain nan klasik namun tidak semua orang menyukainya.

Advertisement

Sedangkan Verdana sebenarnya merupakan huruf yang indah, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bila jenis huruf itu menggambarkan objektivitas, stabilitas, dan modernitas. Apakah huruf ini disarankan? Sayangnya tidak.

“Terlalu besar dan norak…terlihat seperti sesuatu yang diperkirakan dibuat oleh seorang remaja.” ungkap salah satu perekrut kerja dalam situs The CV Store.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif