Jateng
Jumat, 1 Mei 2015 - 18:50 WIB

HARI BURUH : Ribuan Buruh di Magelang Pilih Jalan Santai

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi pra May Day atau Hari Buruh di Tangerang, Senin (27/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Aksi pra May Day atau Hari Buruh di Tangerang, Senin (27/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Hari buruh di Magelang diperingati ribuan buruh dengan jalan santai. Dalam peringatan ini, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga hadir

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, KUDUS – Peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) 1 Mei 2015 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat, dilakukan dengan jalan santai yang diikuti sekitar 5.000 buruh beserta keluarga.

Jalan sehat ribuan buruh tersebut dilepas oleh Gubernur Jawa Ganjar Pranowo di Lapangan Kujon, Kecamatan Mungkid, dengan menempuh rute yang berjarak sekitar lima kilometer di sekitar kompleks Candi Borobudur.

Advertisement

Usai melepas peserta jalan santai, Ganjar –yang didampingi istri, Siti Atikoh Supriyanti– ikut membaur bersama ribuan buruh dari berbagai organisasi pekerja itu.

Slamet, koordinator jalan santai tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan untuk memperingati “May Day” di Kabupaten Magelang bertujuan menumbuhkembangkan kebersamaan tiga-pihak dalam rangka mendorong trwujudnya hubungan industrial yang harmonis.

“Para buruh diajak untuk memperingati Hari Buruh Sedunia dengan kegiatan yang positif berupa jalan santai, tidak harus diisi dengan berunjuk rasa di jalan,” katanya seperti dikutip Antara, Jumat (1/5/2015).

Advertisement

Menurut dia, penyampaian aspirasi dari para buruh tidak harus dilakukan dengan menggelar aksi turun ke jalan untuk berunjuk rasa.

“Jalan sehat dan diskusi seperti ini juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam menyampaikan aspirasi dan tuntutan para buruh,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Slamet mengatakan bahwa upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2015 di Kabupaten Magelang sebesar Rp1.255.000.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif